Kamis 27 Jan 2022 18:58 WIB

Jelang Imlek, Patung Dewa-Dewi di Gresik Dibersihkan

Altar Mak Co yang telah berusia 869 tahun dibersihkan untuk menyambut Imlek

Rep: Boyanesia/ Red: Partner
.
Foto: network /Boyanesia
.

Pengurus TITD membersihkan patung dewa di Klenteng Kim Hin Kiong, Gresik (Foto: M Faiz)
Pengurus TITD membersihkan patung dewa di Klenteng Kim Hin Kiong, Gresik (Foto: M Faiz)

GRESIK -- Menjelang perayaan Hari Raya Imlek yang jatuh pada 1 Februari 2022 mendatang, pengurus Tempat Ibadat Tri Dharma (TITD) Kim Hin Kiong Gresik melakukan bersih-bersih patung dewa dan dewi yang berada di tempat ibadat klenteng yang berlokasi di Jalan Setia Budi IV, Gresik, Kamis (27/1).

Dalam kegiatan ini, pengurus TITD membersihkan patung Dewi Samudera atau Altar Thian Sang Sing Boo atau Mak Co. Patung ini menjadi altar utama di klenteng yang didirikan sejak 1 Agustus 1153 itu.

Selain membersihkan altar Mak Co yang telah berusia 869 tahun, pengurus juga membersihkan altar dewa Kwan Kung yang merupakan dewa kejujuran dan kesetiaan.

Kemudian, pengurus TITD juga membersihkan altar dewi Kwan Im (dewi welas asih), altar dewa Toa Pek Kung (dewa bumi dan rejeki) dan Houw Ya Kung (dewa penangkal aura negatif), altar Jai Sem Yek, dan altar Tri Nabi (Budha, Konghucu dan Lo Cu).

Ketua TITD Kim Hin Kiong Budi Prasetyo Tejo mengatakan, kegiatan ini sebagai persiapan menggelar upacara menyambut hari raya Imlek yang akan digelar pada Senin (31/1) malam.

“Perayaan Imlek tahun 2022 ini merupakan Imlek yang ke-2573 yang merupakan tahun macan air,” ujar dia, Kamis (27/1).

Budi berharap, perayaan Imlek ini diharapkan membawa kerukunan umat beragama di Kabupaten Gresik. “Keharmonisan, kerukunan untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan pandemi Covid-19 segera berakhir,” kata dia.

Pewarta: M. Faiz

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement