Kwarda Jateng: Pramuka Jadi Wadah Pembentuk Karakter Generasi Penerus

Red: Muhammad Fakhruddin

Kwarda Jateng: Pramuka Jadi Wadah Pembentuk Karakter Generasi Penerus (ilustrasi).
Kwarda Jateng: Pramuka Jadi Wadah Pembentuk Karakter Generasi Penerus (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Anis Efizudin/rwa.

REPUBLIKA.CO.ID,KUDUS -- Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Jateng Siti Atikoh Ganjar Pranowomengatakan, gerakan Pramuka mampu menjadi wadah pembentukan karakter generasi penerus yang berjiwa mulia dan nasionalisme tinggi.

"Kami juga meminta Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Kudus yang baru dilantik mendukung penuh setiap misi yang akan dilaksanakan gerakan Pramuka karena selaras dengan program pemerintah," ujarnya di sela-sela pelantikan Mabicab dan pengurus kwartir cabang (Kwarcab) gerakan pramuka Kudus masa bakti 2021-2026 di Pendopo Kabupaten Kudus, Kamis (27/1/2022).

Prosesi pelantikan dipimpin secara langsung oleh Ketua Kwarda Jateng Siti Atikoh Ganjar Pranowo yang melantik jajaran Mabicab. Selanjutnya, Bupati Kudus Hartopo sebagai Ketua Mabicab melantik jajaran pengurus Kwarcab yang diketuai oleh Mawar Anggraeni.

Menurut Atikoh, Pramuka merupakan wadah pembentuk karakter generasi penerus seperti bagaimana anak-anak menghayati dan mengimplementasikan nilai-nilai kepramukaan. "Untuk itu, ketua Mabicab harus memberikan dukungan fasilitasi dan motivasi agar Kwarcab semakin berjaya, mengingat gerakan pramuka mitra pemerintah dalam setiap kegiatan," katanya.

Baca Juga

Ia mengungkapkan pelantikan kepengurusan baru dapat dilaksanakan pada tahun ini mengingat tahun lalu kondisi pandemi yang belum kondusif. Namun, meski begitu pihaknya tetap memantau kegiatan Kwarcab Pramuka Kudus di bawah kepemimpinan yang baru. "Kami apresiasi Ketua Kwarcab Kudus yang telah gerak cepat menjalankan kegiatan-kegiatan Pramuka peduli yang berhubungan dengan sosial kemasyarakatan pada tahun lalu. Saya pantau kinerja kak Mawar luar biasa sekali sejak SK diturunkan langsung bergerak cepat lewat acara-acara sosial kemasyarakatan dan edukasi," ungkapnya.

Ketua Mabicab Hartopo meminta momen pelantikan pengurus ini untuk memperkuat solidaritas dan sinergi dalam gerakan Pramuka untuk mencetak generasi unggul bangsa.

"Dibutuhkan komitmen yang kuat, loyalitas, kejujuran dan siap bekerja keras," katanya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Kudus Mawar Anggraeni mengungkapkan sudah menyiapkan rencana organisasi dalam waktu dekat. "Sudah berjalan program di tengah pandemi yang dilaksanakan sampai ke ranting dalam mengimbau masyarakat disiplin prokes. Pramuka peduli juga semakin aktif dan tanggap terkait kebencanaan termasuk pandemi saat ini," ujarnya.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Jateng Pastikan PTM 100 Persen Jalan Meski Muncul Klaster Sekolah

Pramuka Kabupaten Magelang Diminta Aktif Tanggulangi Covid-19

Buntut Perpeloncoan Lingkaran Setan, SMAN 1 Ciamis Reorganisasi Pramuka

Pelaksanaan Harlah PPP dan HUT PDIP Tertib, Kapolda Beri Apresiasi

Pulihkan dari Pandemi, Pramuka di Sukabumi Didorong Adaptif

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark