Sabtu 29 Jan 2022 00:05 WIB

Bergkamp Sarankan Vieira untuk Tampung Van de Beek ke Crystal Palace

Bergkamp dan Vieira berbagi lapangan saat sama-sama memperkuat Arsenal.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang Manchester United, Donny van de Beek.
Foto: EPA-EFE/Laurence Griffiths
Gelandang Manchester United, Donny van de Beek.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Crystal Palace dikabarkan terus berusaha untuk bisa merekrut Donny van de Beek dari Manchester United (MU) pada pertengahan musim ini. The Eagles disebut-sebut berharap bisa meminjam gelandang asal Belanda itu selama setengah musim hingga akhir musim ini.

Upaya the Eagles untuk mendapatkan Van de Beek ini ternyata tidak terlepas dari saran eks striker Arsenal dan timnas Belanda, Dennis Bergkamp, kepada mantan rekan setimnya, Patrick Vieira, yang kini menangani Palace.

Baca Juga

''Bergkamp menghubungi langsung Vieira soal sarannya buat Vieira untuk merekrut Donny van de Beek pada pertengahan musim ini,'' tulis laporan Sky Sports, Jumat (28/1/2022).

Bergkamp dan Vieira berbagi lapangan saat sama-sama memperkuat Arsenal pada paruh kedua dekade 1990-an hingga paruh pertama dekade 2000-an. Keduanya berhasil mempersembahkan tiga titel Liga Primer Inggris buat the Gunners, termasuk kala Arsenal menorehkan rekor tidak terkalahkan saat merengkuh titel Liga Primer Inggris musim 2003/2004.

Saran Bergkamp terhadap Vieira ini kabarnya tidak terlepas dari status Van de Beek di keluarga besar Bergkamp. Van de Beek diketahui merupakan menantu dari Bergkamp.

Van de Beek dan Estelle, putri dari Bergkamp, dilaporkan tengah menantikan kelahiran anak pertama pada bulan depan. Direkrut dari Ajax Amsterdam dengan banderol transfer 35 juta pound pada Agustus 2020, Van de Beek malah jarang mendapatkan kesempatan merumput, baik saat Man United masih ditangani Ole Gunnar Solskjaer ataupun kala estafet kepelatihan MU berpindah ke tangan Ralf Rangnick.

Pada musim ini, Van de Beek bahkan baru merumput selama 380 menit dan tidak pernah tampil sejak menit pertama di pentas Liga Primer Inggris. Van de Beek tampil sebagai pemain pengganti di delapan partai Liga Primer Inggris.

Secara keseluruhan, Van de Beek merumput di 14 laga di semua ajang pada musim ini. Alhasil, Van de Beek pun berharap bisa hijrah ke klub lain pada pertengahan musim ini untuk bisa mendapatkan kesempatan tampil secara reguler.

Dengan tampil secara reguler pada paruh kedua musim ini, gelandang berusia 24 tahun itu berharap bisa dipanggil pelatih Louis Van Gaal untuk bisa memperkuat timnas Belanda. Van de Beek merupakan salah satu pilar utama Ajax Amsterdam saat mampu melaju ke babak semifinal Liga Champions pada musim 2018/2019.

Pada saat itu, Van de Beek sukses menyumbang empat gol di pentas Liga Champions dan mengemas sembilan gol dari 34 penampilan di pentas Liga Belanda. The Eagles ternyata bukan satu-satunya klub yang berminat mendatangkan jebolan akademi sepak bola Ajax Amsterdam tersebut. Crystal Palace dikabarkan harus bersaing dengan Valencia untuk bisa merekrut Van de Beek pada jendela transfer musim dingin kali ini.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement