Jumat 28 Jan 2022 17:37 WIB

Finlandia Mulai Longgarkan Peraturan Covid-19

Beban rumah sakit di Finlandia karena Covid-19 mulai menurun.

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Covid-19 (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Covid-19 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, HELSINKI -- Finlandia akan mulai melonggarkan peraturan pembatasan sosial Covid-19 pada 1 Februari mendatang. Pemerintah mengatakan kebijakan ini dimajukan dari jadwal sebelumnya pada pertengahan Februari karena beban rumah sakit mulai menurun.

Pada 18 Januari lalu Perdana Menteri Sanna Marin mengatakan mulai pertengahan Februari Finlandia perlahan-lahan mulai melonggarkan peraturan pembatasan sosial. Tapi stabilnya angka kasus infeksi yang disebabkan varian Omicron mendorong pemerintah mengubah rencana tersebut.

Baca Juga

"Beban unit gawat darurat telah beralih ke arah yang lebih baik," kata Menteri Kesehatan dan Urusan Sosial Finlandia Hanna Sarkkinen, Jumat (28/1/2022).

Sarkkinen mengatakan pemerintah memutuskan untuk mulai melonggarkan peraturan pembatasan sosial dengan hati-hati. Restoran dapat tutup pukul 21.00 dari sebelumnya harus tutup pukul 18.00.

Pemerintah juga merekomendasikan pemerintah daerah untuk membuka kembali ruang budaya dan olahraga seperti teater, gym dan kolam renang pada awal Februari.

Finlandia masih negara yang angka infeksi Covid-19 terendah di dunia. Berdasarkan data institut kesehatan negara dengan 5,5 juta populasi itu mencatat 470.665 kasus infeksi dan 1.919 kasus kematian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement