Sabtu 29 Jan 2022 05:28 WIB

Tujuh Hotel di Lagoi Sambut Wisman Singapura berkonsep Travel Bubble

Kebijakan travel bubble akan dievaluasi rutin per pekan oleh pemerintah pusat

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Wisatawan berjalan di tepi Pantai Teluk Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau, Ahad (1/11/2020). Kebijakan travel bubble akan dievaluasi rutin per pekan oleh pemerintah pusat. Ilustrasi.
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Wisatawan berjalan di tepi Pantai Teluk Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau, Ahad (1/11/2020). Kebijakan travel bubble akan dievaluasi rutin per pekan oleh pemerintah pusat. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BINTAN - Pengelola kawasan wisata internasional Lagoi di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyatakan telah menyiapkan tujuh hotel untuk menerima kunjungan wisman dari Singapura atau pun yang masuk melalui negara tersebut dengan konsep travel bubble.

"Dalam kawasan Lagoi ada 17 hotel, tapi 10 hotel tutup sementara. Jadi, hanya tujuh hotel yang beroperasi untuk melayani wisman," kata General Manager PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) Abdul Wahab di Bintan, Jumat (28/1/2022).

Baca Juga

Travel bubble atau gelembung perjalanan adalah kebijakan meniadakan masa isolasi yang biasanya wajib dilakukan oleh pelancong internasional saat akan memasuki sebuah negara di masa pandemi Covid-19. Pembukaan travel bubble di Lagoi secara resmi mulai beroperasi tanggal 24 Januari 2022.

Wahab menyebut ketujuh hotel tersebut memang tetap beroperasi saat pandemi Covid-19 tapi pelayanannya ditujukan khusus kepada wisatawan nusantara atau lokal. Hal ini mengingat sejak wabah Covid-19 melanda dalam kurun waktu dua tahun terakhir tak ada kunjungan wisman ke Lagoi sama sekali. "Hotel-hotel diminta menyiapkan fasilitas terbaik seperti kamar, makanan, dan servis yang ekstra. Karena sudah dua tahun tak ada kunjungan wisman, jadi persiapannya harus dimulai dari nol lagi," ujar Wahab.

Dia menegaskan kawasan Lagoi sudah sangat siap menyambut kedatangan wisman sesuai regulasi yang telah ditetapkan pemerintah pusat. Bahkan pihaknya telah menerima pemesanan hotel karena akan ada kapal pesiar atau yacht masuk ke kawasan Lagoi dalam waktu dekat. Ia optimistis travel bubble dapat mendongkrak kunjungan wisman ke Bintan sehingga berdampak terhadap pemulihan ekonomi industri pariwisata di daerah tersebut.

Pihaknya juga akan memberlakukan zona khusus untuk wisman dan wisatawan domestik di area pariwisata Lagoi. "Zona wisman dan wisatawan domestik akan dipisahkan sehingga tak ada interaksi antara kedua kelompok itu demi mencegah penyebaran Covid-19," katanya menegaskan.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanjungpinang Agus Jamaludin menyatakan untuk tahap awal wisman yang masuk ke Lagoi dibatasi 500 orang per hari dan didistribusikan ke seluruh hotel yang ada di kawasan itu. Kebijakan travel bubble ini, kata dia, akan dievaluasi rutin per pekan oleh pemerintah pusat. "Kalau berjalan aman dan lancar, tak menutup kemungkinan kapasitas kunjungan wisman ke Lagoi akan terus bertambah," ucap Agus.

Pihaknya juga telah menyiagakan 20 personel untuk memperketat protokol kesehatan selama penerapan travel bubble di Lagoi, terutama di pintu masuk kedatangan wisman dari Singapura.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement