Ahad 30 Jan 2022 12:50 WIB

Jelang Imlek, Sandiaga Uno Apresiasi Peresmian Odeon Kampung Naga Sukabumi

Keberadaan Odeon Kampung Naga ini bisa membangkitkan ekonomi dan lapangan kerja

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Peresmian Odeon Kampung Naga Sukabumi dilakukan pada Sabtu (29/1/2022) yang dihadiri langsung Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin
Foto: riga nurul iman
Peresmian Odeon Kampung Naga Sukabumi dilakukan pada Sabtu (29/1/2022) yang dihadiri langsung Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memberikan apresiasi atas diresmikannya Odeon Kampung Naga Sukabumi di Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi. Keberadaan kampung wisata tematik ini dinilai akan menggerakan ekonomi warga khususnya menjelang tahun baru Imlek.

Sebelumnya peresmian Odeon Kampung Naga Sukabumi dilakukan pada Sabtu (29/1/2022) yang dihadiri langsung Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin. '' Saya sangat mengapresiasi wisata tematik 'Odeon Kampoeng Naga' yang berada di Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, yang baru saja diresmikan,'' ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam rekaman video yang diputar dalam acara peresmian Odeon Kampung Naga Sukabumi.

Baca Juga

Semoga keberadaan Odeon Kampung Naga ini bisa membangkitkan ekonomi dan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. Apalagi menjelang perayaan tahun baru Imlek. 

Selain itu mampu memperkenalkan wisata seni budaya dan kuliner Kota Sukabumi kepada warga. Sandiaga berharap warga Kampung Naga terus berinovasi dan berkolaborasi memberikan dampak positif bagi ekonomi dan lapangan kerja.

Dalam media sosial pribadinya, Sandiaga menambahkan destinasi serta atraksi wisata di dalam Odeon Kampung Naga merupakan hasil kolaborasi dari aspirasi masyarakat. Khususnya melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan didukung penuh oleh Pemerintah Kota Sukabumi.'' Kami atas nama pemda memberikan apresiasi luar biasa kegiatan ini sebagai upaya recovery ekonomi,'' terang Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Khususnya dalam membangkitkan ekonomi pasca 22 bulan Sukabumi mengalami pandemi.

Fahmi mengatakan, gubernur Jabar menyampaikan 10 ekonomi baru pasca pandemi. Sehingga daerah bisa melihat yang cocok di wilayah salah satunya wisata tematik.

Menyadari benar lanjut Fahmi, Kota Sukabumi memiliki keterbatasan potensi wisata alam. Sehingga ada pengembangan wisaya buatan setiap kecamatan ada kampung tematik agar bisa membangkitkan ekonomi warga sekitar. '' Misalnya di Kecamatan Warudoyong ini punya potensi kawasan Odeon jadikan kawasan pecinan dan kampung budaya Sukuraga,'' imbuh Fahmi.

Selain itu wisata walking tour Jalan Ahmad Yani dengan menata ruas jalan yang terintegrasi dan jangan naik mobil karena bisa jalan kaki mengelilingi pusat kota melihat bangunan nilai bersejarah seperti Museum Pegadaian dan Kantor Pos.

'' Pariwisata ini yang akan mampu menggenjot ekonomi warga sekitar,'' cetus Fahmi. Sebab semangat menjadikan kawasan wista menghadirkan orang dari luar Sukabumi dan harus terus dikembangkan.

Ke depan lanjut Fahmi, dukungan pemkot dan unsur terkait serta warga di Kelurahan Nyomplong menjadikan destinasi wisata nyaman aman dan bersih agar memiliki daya tarik.

Pokdarwis Odeon Kampung Naga Arifin menambahkan, pihaknya berupaya menjadikan daya tarik wisata untuk membantu ekonomi warga. ''Di Wilayah Odeon ini ada vihara Widhi Sakti menjadi daya tarik utama,'' kata dia.

Namun kata Arifin, perlu dibarengi penataan di sekitarnya agar menjadi destinasi wisata. Di mana dukungan pemkot dan warga sekitar Odeon akan melakukan upaya menjadi destinasi wisata aman dan nyaman.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement