Ahad 30 Jan 2022 13:52 WIB

Musim Hujan, Waspadai Tragedi Pohon Tumbang yang Kerap Terjadi

DLHK Kabupaten Tangerang melakukan pemangkasan pohon perindang di sejumlah titik

Rep: eva rianti/ Red: Hiru Muhammad
Pohon tumbang di Jalan Raya Sepatan, Kabupaten Tangerang menimpa sebuah truk kontainer, Sabtu (16/1/2021) pagi. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.
Foto: Dok. BPBD Kab. Tangerang
Pohon tumbang di Jalan Raya Sepatan, Kabupaten Tangerang menimpa sebuah truk kontainer, Sabtu (16/1/2021) pagi. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG--Musim hujan dengan intensitas tinggi yang melanda wilayah Kabupaten Tangerang telah menimbulkan insiden pohon tumbang di banyak titik yang mengakibatkan kerugian materiel bagi warga. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang mencatat, kasus pohon tumbang di wilayah Kabupaten Tangerang pada Januari 2022 ada sebanyak 10 kasus.

Yang terbaru, pohon tumbang akibat hujan disertai angin kencang terjadi di Kecamatan Mekar Baru dan Mauk. Di Mekar Baru, peristiwa pohon tumbang menimpa dapur rumah dan kandang milik warga, tepatnya di Kampung Sura RT 05 RW 01, Desa Mekar Baru. Adapun di Mauk, insiden pohon tumbang menimpa pos sebuah ormas di Jalan Raya Tanjung Kait.  

Baca Juga

“Sampai akhir bulan Januari 2022 ini, jumlah kasus pohon tumbang di wilayah Kabupaten Tangerang ada 10 kasus, termasuk yang terbaru di wilayah Mauk dan di Desa Mekar Baru,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang Abdul Munir.

Meski demikian, Munir mengatakan tidak ada korban jiwa dalam insiden pohon tumbang yang terjadi. Hanya saja ada sejumlah kerugian materiel yang dialami warga terdampak.

Untuk mengantisipasi peristiwa pohon tumbang, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang melakukan pemangkasan pohon perindang di sejumlah titik. Pemangkasan dilakukan terhadap pohon perindang di pinggir jalan maupun pohon milik warga yang condong ke jalan agar tidak membahayakan pengguna jalan di saat hujan dan angin kencang.

“Saat ini sedang musim hujan, karena itu kami memangkas pohon di pinggir jalan yang mengganggu pengguna jalan. Pemangkasan ini juga sebagai perawatan rutin petugas DLHK di awal tahun 2022,” kata Kepala DLHK Kabupaten Tangerang Achmad Taufik. 

Dia memastikan, secara rutin melakukan pemotongan pohon, terutama pohon-pohon dengan beban lebih berat pada umumnya seperti pohon perindang untuk mengantisipasi insiden pohon tumbang di kemudian hari. "Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, DLHK secara intensif melaksanakan pemotongan pohon yang terlalu rimbun," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement