Senin 31 Jan 2022 04:25 WIB

Tersangka Penembakan Karyawan BRI Link Ditangkap Saat Gunakan Sabu

Tersangka ditangkap saat sedang gunakan sabu bersama tiga rekannya.

Red: Andi Nur Aminah
Ilustrasi Penembakan
Foto: Pixabay
Ilustrasi Penembakan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Direktur Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Lampung, Kombes Pol Reynold E Hutagalung mengatakan tersangka AD (33) pelaku penembakan karyawan BRI Link ditangkap saat gunakan sabu bersama tiga rekannya di Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatra Selatan. "Anggota menangkap tersangka saat sedang gunakan sabu bersama tiga rekannya," kata Ditreskrimum Polda Lampung itu, di Bandarlampung, Ahad (30/1/2022).

Dia mengatakan, tiga rekan tersangka tersebut berinisial F, R, dan B. Salah satu rekan tersangka yakni R turut membantu pelaku penembakan menghilangkan barang bukti dengan mengecat sepeda motor yang digunakan dalam melakukan aksinya.

Baca Juga

"Tersangka R ini sempat mengecat sepeda motor yang dibawa tersangka dengan tujuan agar tidak terdeteksi. Kendaraan yang dibawa tersangka tadinya berwarna merah dan telah dicat oleh R berwarna hitam," kata dia.

Dia mengungkapkan bahwa untuk tersangka R ikut dibawa untuk pengembangan selanjutnya. Sedangkan tersanga F dan B diserahkan ke wilayah hukum OKU Timur terkait penggunaan sabu.

Reynold menambahkan tersangka penembakan karyawati BRI Link AD merupakan seorang residivis. Pada 2016 dan 2018 tersangka pernah melakukan pencurian sepeda motor di wilayah hukum Polda Sumatra Selatan. "Bahkan pada 2020 tersangka juga melakukan pencurian dengan kekerasan di minimarket Jawa Tengah dan menjalani hukuman di Lapas Kendal. Namun 2021 dia kabur dari Lapas Kendal dan sebenarnya masih dalam pencarian," kata dia lagi.

Kemudian, lanjut dia, pada 2022 tersangka telah melakukan aksinya sebanyak tiga kasus. Di antaranya, tersangka melakukan aksi pencurian dengan kekerasan di Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatra Selatan dengan korban luka berat akibat ditembak. Kemudian pencurian sepeda motor hingga korban meninggal dunia akibat ditembak. "Yang terakhir pencurian dengan kekerasan yang terjadi di BRI Link Lampung Timur," katanya.

Sebelumnya, Tim gabungan Polres Lampung Timur, Tengah, dan Metro dibackup Kriminal Umum (Krimum) Polda Lampung, menangkap tersangka AD alias Rian (33) pelaku penembakan karyawan BRI Link di Desa Tambah Subur, Kecamatan Way Bungur, Kabupaten Lampung Timur, Lampung pada Sabtu (29/1/2022). Penangkapan terhadap tersangka tersebut berdasarkan beberapa barang bukti berupa sandal jepit sebelah kanan dan helm yang ditemukan anggota saat berada di Desa Ombo, Lampung Timur. 

Anggota kepolisian juga menemukan plastik bekas tersangka meminum es kelapa muda (dugan) usai melakukan aksi penembakan terhadap korban BRI Link. Hingga akhirnya berhasil menemukan rumah tersangka yang berada di OKU Timur, Sumatra Selatan.

Pada proses penangkapan terhadap tersangka sempat terjadi baku tembak antara anggota kepolisian dan tersangka. Anggota kepolisian sempat memberikan peringatan namun tidak diindahkan sehingga anggota mengambil tindakan tegas dan terukur.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement