Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Jaka DL

Jadi Blogger Sukses dengan Cara Membuat Artikel Blog yang Menarik

Bisnis | Monday, 31 Jan 2022, 10:21 WIB

Tentang bagaimana cara membuat artikel blog, tidak sedikit blogger pemula yang masih merasa kebingungan.

Untuk kamu yang belum tahu, artikel blog adalah artikel yang dibuat untuk mengisi kebutuhan blog. Sedangkan pengertian dari blog sendiri yaitu sebuah website yang berupa platform online tempat dimana para blogger atau penulis mengupload konten berbentuk tulisan (artikel), foto, atau bahkan video.

Setiap blog biasanya menampilkan topik yang berbeda-beda, dan hanya fokus pada satu bidang tertentu. Contoh topik yang sering ditampilkan di blog yaitu teknologi, kesehatan, beauty, kuliner, lifestyle, finance, fashion, dan masih banyak lagi. Karena itu, cara membuat artikel blog juga berbeda setiap topiknya.

Jadi, manfaat dari artikel blog adalah sebagai konten yang harus diupload oleh blogger guna memenuhi kebutuhan blognya. Lantas, seperti apa cara membuat blog dan artikel nya? Yuk simak penjelasan berikut.

Cara Membuat Artikel Blog yang Benar dan Menarik

Baiklah, cara membuat artikel blog memang perlu dipahami oleh para blogger. Hal ini karena artikel yang dijadikan konten akan berpengaruh pada kemajuan blog tersebut. Semakin menarik artikel yang dibuat, semakin besar kemungkinan blog tersebut mengalami kemajuan pesat.

Apabila ingin menjadi blogger sukses, hal pertama yang perlu dilakukan tentunya membuat blog. Cara membuat blog juga bukanlah hal yang sulit dan pastinya bisa dilakukan di HP. Cara membuat blog di HP yaitu dengan masuk ke situs blogger.com lalu klik “Create your blog”.

Jika kamu menggunakan platform Wordpress, mungkin kamu akan membutuh kan banyak plugin agar blog lebih profesional. Kamu bisa beli plugin pro murah di tokoseo.

Selanjutnya kamu isi email dan password pada tempat yang disediakan. Setelah login, ketikan nama kamu dan klik “buat blog baru”. Setelah itu, silakan masukkan judul blog beserta alamat blog yang diinginkan. Tahap terakhir, kamu klik “buat blog” dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Nah setelah kamu mempunyai blog, sekarang kamu harus belajar bagaimana cara membuat artikel di blog bagi pemula. Penasaran bagaimana caranya? Perhatikan point-point berikut ya.

1. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Cara membuat artikel blog yang paling mendasar adalah dengan menggunakan bahasa yang tidak sulit dimengerti. Sebagai contoh, ketika kamu menemukan artikel blog yang isinya tidak jelas, bahasanya berbelit-belit, atau jumlah kata nya terlalu banyak, tentu kamu tidak akan mau kembali ke blog tersebut kan?

Hal itu dapat menyebabkan orang-orang kapok untuk kembali ke blog mu karena artikelnya tidak mudah dimengerti. Karena itu, belajarlah menulis artikel dengan bahasa yang mudah dipahami. Berlatihlah secara berulang sampai kamu terbiasa membuat artikel. Selain itu, kemampuanmu dalam menulis juga akan terasah.

2. Perbanyak Membaca Artikel Orang Lain

Sebagai blogger pemula yang masih harus banyak belajar, penting untuk kamu mencari lebih banyak inspirasi dari tulisan orang lain.

Dengan cara membuat artikel blog yang seperti itu, secara tidak langsung kamu akan mendapat pengetahuan dan informasi baru dalam menulis. Kamu juga bisa menghasilkan artikel yang berkualitas dengan membaca banyak referensi.

3. Pahami Karakter Calon Pembaca

Ketika membuat artikel, kamu tentu perlu menyesuaikan isi dan gaya penulisan dengan karakter calon pembacanya. Kita ambil contoh artikel blog tentang game, kemungkinan sebagian besar pembacanya adalah anak muda, sedangkan artikel tentang resep memasak mungkin pembacanya adalah para ibu yang ingin belajar memasak.

Tujuan dari pemahaman karakter pembaca adalah untuk menghasilkan artikel yang enak dibaca dan tidak membosankan.

Hal ini juga bisa dikaitkan dengan cara membuat artikel blog seo, kamu bisa membuat target keyword yang sesuai dengan keyword yang banyak dicari pembaca. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan artikel blog yang kamu buat mampu tampil pada urutan paling atas di mesin pencari.

Namun jika kamu masih kesulitan dalam membuat artikel yang seo friendly, bisa memanfaatkan jasa pembuatan artikel website dari Dewastore, saat ini sudah ratusan website sudah menggunakanya, dari blogger personal sampai pelaku bisnis profesional.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image