Senin 31 Jan 2022 11:27 WIB

Pakar: Varian Covid-19 Selanjutnya Mungkin Saja Parah, Tetapi Kita Bisa Mengelolanya

Covid-19 nantinya akan menjadi penyakit yang bisa dikelola seperti flu dan lainnya.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Covid-19 nantinya akan menjadi penyakit yang bisa dikelola seperti flu dan lainnya.
Foto: Pixabay
Covid-19 nantinya akan menjadi penyakit yang bisa dikelola seperti flu dan lainnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur jenderal Organisasi Kesehatan Dunia, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mendesak pemerintah terus berhati-hati dalam menangani Covid-19. Ia mengutip risiko kemungkinan varian masa depan yang mungkin tidak jinak seperti omicron. 

“Sangat berbahaya untuk berasumsi bahwa omicron akan menjadi varian terakhir dan kita berada di akhir permainan. Sebaliknya, secara global kondisinya ideal untuk lebih banyak varian yang muncul,” ujar Ghebreyesus, dilansir dari Fortune, Senin (31/1/2022).

Baca Juga

Omicron telah mengirimkan kasus virus corona global yang meroket hingga lebih dari 350 juta minggu ini. Virus itu memiliki lebih banyak peluang dari sebelumnya untuk bermutasi menjadi bentuk baru.

"Pandemi Covid-19 sekarang memasuki tahun ketiga dan kita berada pada titik kritis. Kita harus bekerja sama untuk mengakhiri fase akut pandemi ini. Kita tidak bisa membiarkannya terus berlarut-larut, bergerak di antara kepanikan dan kelalaian,” kata Ghebreyesus.

Pendapat Ghebreyesus ditanggapi ilmuwan terkemuka dunia Christopher Murray. Ia setuju dengan evaluasi WHO bahwa pemerintah harus tetap waspada, tetapi sekali lagi menekankan langkah-langkah respons pandemi baru perlu diadopsi ke depan, dengan mempertimbangkan kemungkinan varian di masa depan. 

Murray menulis dalam jurnal ilmiah bergengsi dunia The Lancet dan menyebutkan bahwa lonjakan global dari varian omicron dapat menginfeksi setengah dari populasi dunia pada Maret 2022. 

Gelombang Covid-19 sebelumnya membutuhkan dua hingga tiga bulan untuk menyebar melalui komunitas dan mencapai puncaknya sebelum infeksi mulai turun, Murray menunjukkan bahwa puncak omicron cenderung terjadi tiga hingga lima minggu setelah penyebaran komunitas pertama kali terdeteksi. Hal ini dapat membuat langkah pencegahan pandemi yang sebelumnya dapat diandalkan menjadi kurang efektif melawan omicron.

"Beberapa dari varian ini mungkin lebih parah daripada omicron. Tapi, kita dapat mengelolanya seperti penyakit lain seperti flu musiman melalui kombinasi vaksinasi/penguat yang berkelanjutan, peningkatan produksi dan akses ke antivirus,” ujar Murray.

Murray menunjukkan beberapa negara, termasuk Spanyol, Italia, Inggris, dan Israel, sudah mulai memperlakukan virus sebagai endemi. Tetapi menekankan bahwa melakukan hal itu tidak berarti tidak bertindak. 

"Itu berarti memperlakukannya seperti penyakit lain yang memerlukan tanggapan bersama. Perbedaannya adalah bahwa mandat dan penguncian tidak mungkin menjadi bagian dari tanggapan kebijakan,” kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement