Selasa 01 Feb 2022 12:21 WIB

Pakar Beri Anjuran Waktu Telemedisin Pasien Omicron

Pasien Covid-19 Omicron diminta tidak hanya berkonsultasi di hari pertama.

Red: Indira Rezkisari
Fasilitas telemedisin bisa menjadi sarana pelaporan dan pemantauan masyarakat yang melakukan isolasi mandiri (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Fasilitas telemedisin bisa menjadi sarana pelaporan dan pemantauan masyarakat yang melakukan isolasi mandiri (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konsultasi dengan dokter melalui pelayanan telemedisin diberikan pemerintah bagi pasien isolasi mandiri, termasuk varian Omicron. Konsultasi tersebut dianjurkan dilakukan selama beberapa waktu tidak hanya pada hari pertama.

"Sebaiknya konsultasi dengan dokter (melalui) temedisin tidak hanya di hari pertama saja, tetapi setiap hari selama masa isolasi mandiri," kata Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof Tjandra Yoga Aditama, melalui pesan elektroniknya, Selasa (1/2/2022).

Baca Juga

Konsultasi diperlukan untuk memonitor perkembangan keluhan pasien dari hari ke hari. Atau kemungkinan keluhan dan atau efek samping saat mengonsumsi obat yang diberikan serta kemungkinan menyesuaikan dosis dan atau memberi obat tambahan bila diperlukan dalam hari-hari menjalani isolasi mandiri.

"Kalau sekiranya memang tidak bisa diberikan pelayanan telemedisin gratis tiap hari, maka akan sangat baik kalau pasien dapat konsultasi harian (lewat telepon) dengan dokter. Bagaimanapun pengawasan harian memang penting, walaupun hanya dengan telepon/WA," ujar Tjandra yang pernah menjabat sebagai Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara.

Prof Tjandra menyarankan saat konsultasi pertama bisa melibatkan keluarga yang sehari-hari menangani pasien. Dokter dapat menjelaskan pada pihak keluarga pasien terkait apa yang harus mereka lakukan dalam merawat pasien di rumah yang seringkali bukan masalah mudah.

"Kalau pelayanan telemedisin belum bisa melibatkan keluarga yang merawat di rumah, maka baik kalau anggota keluarga mencoba komunikasi dengan dokter atau nakes yang mungkin ada kenalan," kata dia.

Prof Tjandra mengatakan, pelayanan telemidisin merupakan bagian amat penting dari isolasi mandiri sekarang ini, terutama mengingat kasus akibat Omicron yang diperkirakan masih akan terus meningkat. Dia mengingatkan, selain pemberian obat, perlu juga dipikirkan ketersediaan alat kesehatan untuk memantau keadaan kesehatan seperti termometer, tensimeter dan oximetri untuk mengetahui angka sebagai parameter penting untuk pertimbangan pasien harus masuk rumah sakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement