Persis Youth Terus Asah Aspek Taktikal dalam Laga Uji Coba

Rep: Binti Sholikah/ Red: Yusuf Assidiq

Pemain Persis Youth, Yussa Nugraha, saat laga melawan Persipa Pati di Stadion Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Jawa Tengah, Sabtu (29/1).
Pemain Persis Youth, Yussa Nugraha, saat laga melawan Persipa Pati di Stadion Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Jawa Tengah, Sabtu (29/1). | Foto: Persis Solo

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Skuad Persis Youth melanjutkan agenda uji coba untuk menguji dan mengasah kemampuan individu dan tim pada Sabtu (29/1). Persis Youth kali ini berkesempatan menjajal kekuatan klub juara Liga 3 2021 Zona Jawa Tengah, Persipa Pati di Stadion Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah.

Meski kalah dengan skor akhir 2-3, Persis Youth menunjukkan semangat dan mentalitas tinggi hingga menit akhir. Persis Youth menghadapi high press dari lawan selama babak pertama berlangsung. Persipa unggul di menit awal saat Anam meneruskan umpan silang Sahrudin.

Dalam 20 menit pertandingan berjalan, Sambernyawa Muda mulai bisa lepas dari pressing lawan dan mengimbangi permainan lawan. Dua peluang diciptakan lewat skema apik pada menit 27, namun transisi dari sisi ke sisi yang dituntaskan oleh sepakan Dicky masih menyamping.

Dua menit berselang, tembakan Wahyu Agong dari jarak dekat mampu diblok bek lawan. Beberapa kali, para penggawa melepaskan tembakan ke gawang dalam posisi sulit, tapi masih dapat diantisipasi kiper lawan.

Jelang akhir laga, Persipa menambah keunggulan memanfaatkan kelengahan Persis Youth. Sahrudin yang berlari menusuk ke kotak penalti untuk menerima through pass dari daerah pertahanan lawan mampu menuntaskan dengan sontekannya. Persis tertinggal 0-2 hingga turun minum.

Mengawali babak kedua, Persis Youth melakukan cukup banyak pergantian pemain. Selang 10 menit kemudian, pergantian membuahkan hasil setelah kerja sama Wahyu dan Amanar saat serangan balik membuahkan hasil. Bola mentah dari tembakan Amanar, dituntaskan oleh Wahyu di menit 56 untuk memperkecil ketertinggalan.

Persipa kembali menjauh saat laga memasuki menit 63. Melalui skema sepak pojok, Zainal Arifin menanduk bola masuk ke gawang yang dikawal Adhitya. Tak patah arang, Sambernyawa Muda terus berupaya mengejar ketertinggalan.

Jelang akhir pertandingan, tepatnya menit 89, giliran kerja sama Dika dan Yussa memperkecil kedudukan. Umpan silang Yussa dituntaskan dengan baik oleh tembakan keras Yussa. Pertandingan berakhir dengan skor 2-3 untuk kemenangan Persipa.

Seusai laga, Direktur Teknik Persis, Misha Radovic menyatakan puas dengan performa yang ditunjukkan anak asuhnya di tiap laga uji coba. Ia juga senang dengan semangat yang ditunjukkan para penggawa hingga menit akhir dan berharap bisa terus mendapat lawan yang kuat untuk mengasah kemampuan individu dan tim Persis Youth.

"Secara umum dari semua laga saya sangat senang dengan performa tim. Sepekan terakhir kita mulai melatih aspek taktikal dari tim dan itu bisa dilihat pada laga kali ini. Saya ingin para pemain terus melawan musuh yang berat, sehingga mereka bisa lebih kuat dan menjadi pengalaman penting," jelasnya.

Meski hasil akhir belum menjadi prioritas utama, tetapi setiap pemain dan pelatih juga menginginkan hasil bagus dari tiap pertandingan. Misha menambahkan, Persipa merupakan tim kuat yang lebih matang. Sehingga hasil akhir tak menjadi masalah selama pemain mendapat pelajaran penting dari pertandingan yang dilakoni.

"Kita punya skuad dengan 30 pemain dan kita baru berjalan beberapa pekan. Saya sangat optimistis bahwa pemain dalam tim ini akan menjadi pemain profesional yang bagus. Para pemain dan saya pasti menginginkan hasil bagus tapi di sisi lain itu tidak realistis ketika kita menghadapi tim yang lebih matang secara usia dan fisik yang lebih kuat," imbuhnya.

Striker Persis Youth pencetak gol pertama, Wahyu Agong, merasa beruntung bisa melawan tim Persipa kali ini. Ia mengaku tim sempat grogi di 45 menit pertama, namun dapat berkembang dan bermain lebih lepas sehingga bisa mengejar ketertinggalan di babak berikutnya.

"Pertandingan hari ini sangat bagus karena Persipa adalah tim terbaik di Liga 3 Jawa Tengah. Jadi kami merasa beruntung bisa melawan mereka. Di babak pertama kami sempat grogi, tapi di babak kedua kami bisa lebih enjoy dan dari skema itu kami bisa cetak gol. Saya sangat senang bisa membangkitkan semangat lagi untuk teman-teman," kata dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Tampil Dominan, Persis Youth Kalahkan Hatti Beriman FC

Timnas Putri Indonesia Uji Tanding Melawan Akademi Persib Putri

Penggawa Persis Youth Perlu Banyak Pertandingan Uji Coba

Persis Youth Gelar Laga Uji Coba Perdana Lawan Tim Lokal

Bina Pemain Muda, Persis Youth U-20 Dibentuk

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark