Selasa 01 Feb 2022 22:34 WIB

Bali Awasi Harga dan Ketersediaan Minyak Goreng

Pengawasan dan operasi pasar tersebut menyasar sejumlah pasar tradisional

Red: Andi Nur Aminah
Pedagang membungkus minyak goreng curah (ilustrasi)
Foto: Antara/Reno Esnir
Pedagang membungkus minyak goreng curah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bali mengawasi harga dan ketersediaan minyak goreng di sejumlah pasar tradisional dan ritel modern setempat untuk menindaklanjuti Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 6 Tahun 2022. "Menindaklanjuti Permendag tersebut tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi Minyak Goreng Sawit, kami bersama Bulog dan Satgas Pangan Bali melaksanakan pengawasan dan operasi pasar," kata Kadis Perindag Provinsi Bali I Wayan Jarta di Denpasar, Selasa (1/2/2002).

Pengawasan dan operasi pasar tersebut menyasar sejumlah pasar tradisional seperti Pasar Kereneng dan Pasar Badung, Kota Denpasar, dimulai pada 1 Februari 2022, karena sesuai dengan Permendag 6/2022 yang juga diberlakukan mulai hari ini. "Kegiatan ini antara lain bertujuan untuk memastikan harga minyak goreng baik di pasar rakyat maupun ritel modern sudah sesuai dengan Permendag 06 tahun 2022," ujarnya.

Baca Juga

Di samping itu, pihaknya ingin mengetahui kendala di lapangan dalam implementasi peraturan yang merinci harga eceran minyak goreng, mulai dari minyak goreng curah hingga kemasan premium tersebut."Sekaligus untuk memantau ketersediaan dan distribusi minyak goreng di pasar rakyat," ucap Jarta.

Sebelumnya Kementerian Perdagangan menerbitkan aturan mengenai harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng yang berlaku mulai 1 Februari 2022. Berdasarkan aturan tersebut, Kemendag juga merinci harga eceran minyak goreng, mulai dari minyak goreng curah hingga kemasan premium.

Harga minyak goreng curah per liter dipatok Rp 11.500. Harga minyak goreng kemasan sederhana Rp 13.500 dan harga minyak goreng kemasan premium Rp 14 ribu. Sebelum tanggal 1 Februari 2022, atau selama masa transisi, harga minyak goreng tetap berlaku satu harga, yakni Rp 14 ribu per liter. Hal tersebut dengan mempertimbangkan memberikan waktu untuk penyesuaian serta manajemen stok minyak goreng di tingkat pedagang hingga pengecer.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ يٰٓاَيُّهَا الرَّسُوْلُ لَا يَحْزُنْكَ الَّذِيْنَ يُسَارِعُوْنَ فِى الْكُفْرِ مِنَ الَّذِيْنَ قَالُوْٓا اٰمَنَّا بِاَفْوَاهِهِمْ وَلَمْ تُؤْمِنْ قُلُوْبُهُمْ ۛ وَمِنَ الَّذِيْنَ هَادُوْا ۛ سَمّٰعُوْنَ لِلْكَذِبِ سَمّٰعُوْنَ لِقَوْمٍ اٰخَرِيْنَۙ لَمْ يَأْتُوْكَ ۗ يُحَرِّفُوْنَ الْكَلِمَ مِنْۢ بَعْدِ مَوَاضِعِهٖۚ يَقُوْلُوْنَ اِنْ اُوْتِيْتُمْ هٰذَا فَخُذُوْهُ وَاِنْ لَّمْ تُؤْتَوْهُ فَاحْذَرُوْا ۗوَمَنْ يُّرِدِ اللّٰهُ فِتْنَتَهٗ فَلَنْ تَمْلِكَ لَهٗ مِنَ اللّٰهِ شَيْـًٔا ۗ اُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ لَمْ يُرِدِ اللّٰهُ اَنْ يُّطَهِّرَ قُلُوْبَهُمْ ۗ لَهُمْ فِى الدُّنْيَا خِزْيٌ ۖوَّلَهُمْ فِى الْاٰخِرَةِ عَذَابٌ عَظِيْمٌ
Wahai Rasul (Muhammad)! Janganlah engkau disedihkan karena mereka berlomba-lomba dalam kekafirannya. Yaitu orang-orang (munafik) yang mengatakan dengan mulut mereka, “Kami telah beriman,” padahal hati mereka belum beriman; dan juga orang-orang Yahudi yang sangat suka mendengar (berita-berita) bohong dan sangat suka mendengar (perkataan-perkataan) orang lain yang belum pernah datang kepadamu. Mereka mengubah kata-kata (Taurat) dari makna yang sebenarnya. Mereka mengatakan, “Jika ini yang diberikan kepadamu (yang sudah diubah) terimalah, dan jika kamu diberi yang bukan ini, maka hati-hatilah.” Barangsiapa dikehendaki Allah untuk dibiarkan sesat, sedikit pun engkau tidak akan mampu menolak sesuatu pun dari Allah (untuk menolongnya). Mereka itu adalah orang-orang yang sudah tidak dikehendaki Allah untuk menyucikan hati mereka. Di dunia mereka mendapat kehinaan dan di akhirat akan mendapat azab yang besar.

(QS. Al-Ma'idah ayat 41)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement