Rabu 02 Feb 2022 15:13 WIB

DPD: Indonesia tidak Merdeka tanpa Pesantren

Pondok pesantren jadi salah satu pilar penting sebagai penjaga moral dan akhlak.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bilal Ramadhan
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti
Foto: istimewa
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPD AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, menghadiri Haul Mama Gelar ke-30 di Pondok Pesantren Gelar, Cianjur, Jawa Barat. Dalam kesempatan tersebut, ia mengatakan pesantren memiliki peran penting dalam kemerdekaan Indonesia.

Ia menegaskan, Indonesia tidak merdeka kalau tidak ada pesantren, yang berarti kontribusi pesantren terhadap negara ini sangat besar. "Terutama terkait bentuk dan dasar dari negara yang akhirnya disepakati sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI yang berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa dengan Sistem Demokrasi Pancasila," ujar La Nyalla lewat keterangannya, Selasa (1/2).

Baca Juga

Menurutnya, kehadiran pondok-pondok pesantren juga sebagai solusi bagi masalah-masalah yang dihadapi masyarakat. Baik sebagai solusi pendidikan, kesehatan, hingga solusi dari masalah-masalah sosial.

"Sampai saat ini pondok pesantren adalah salah satu pilar penting sebagai penjaga moral dan penjaga akhlak generasi bangsa," ujar La Nyalla.

Ditambahkanya, dirinya sengaja datang ke pondok pesantren untuk menemui para kiai dan ulama. Tujuannya adalah untuk mencari ilmu.

"Saya cari ilmu yang tidak ada di dunia ini, dari para kiai untuk mendapatkan ilmu laduni, ilmu yang diperoleh sebagai hasil dari pengalaman kerohanian secara pribadi," ujar La Nyalla.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement