Kamis 03 Feb 2022 04:05 WIB

Gedung Putih Apresiasi Langkah Spotify Atasi Hoaks

Spotify akan memberikan label peringatan untuk konten yang membahas Covid-19.

Red: Esthi Maharani
Layanan streaming musik Spotify.
Foto: EPA
Layanan streaming musik Spotify.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gedung Putih menyebut rencana Spotify memberi peringatan soal konten yang berisi Covid-19 adalah langkah yang baik dan perlu ditiru platform lainnya untuk mengurangi penyebaran hoaks.

"Harapan kami adalah semua platform teknologi besar dan sumber berita besar untuk hal tersebut bertanggung jawab dan waspada untuk memastikan orang Amerika memiliki akses terhadap informasi yang akurat terhadap sesuatu yang penting, seperti Covid-19," kata sekretaris media Jen Psaki, dikutip dari Reuters, Rabu (2/2/2022).

Joe Rogan diprotes banyak orang, termasuk musisi, karena pandangan yang dia sampaikan di siaran podcast The Joe Rogan Experience. Beberapa musisi menarik lagu-lagu mereka dari Spotify karena tidak mau karya mereka dimainkan di platform yang menyebarkan misinformasi seputar virus corona dan vaksin Covid-19.

Spotify, menyikapi kasus ini, akhirnya mengumumkan akan memberikan label peringatan untuk konten yang membahas Covid-19.

"Peringatan ini merupakan langkah yang positif, tapi, kami menginginkan setiap platform melakukan lebih banyak hal dalam mengkritik misinformasi," kata Psaki.

Joe Rogan sudah meminta maaf dan berjanji untuk bersikap seimbang pada siaran podcast tersebut. Peristiwa ini menyebabkan nilai pasar platform tersebut anjlok lebih dari 2 miliar dolar Amerika Serikat pekan lalu. Saham Spotify kembali naik, sebesar 18,23 persen setelah Rogan meminta maaf.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمِنْهُمُ الَّذِيْنَ يُؤْذُوْنَ النَّبِيَّ وَيَقُوْلُوْنَ هُوَ اُذُنٌ ۗقُلْ اُذُنُ خَيْرٍ لَّكُمْ يُؤْمِنُ بِاللّٰهِ وَيُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَرَحْمَةٌ لِّلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْۗ وَالَّذِيْنَ يُؤْذُوْنَ رَسُوْلَ اللّٰهِ لَهُمْ عَذَابٌ اَلِيْمٌ
Dan di antara mereka (orang munafik) ada orang-orang yang menyakiti hati Nabi (Muhammad) dan mengatakan, “Nabi mempercayai semua apa yang didengarnya.” Katakanlah, “Dia mempercayai semua yang baik bagi kamu, dia beriman kepada Allah, mempercayai orang-orang mukmin, dan menjadi rahmat bagi orang-orang yang beriman di antara kamu.” Dan orang-orang yang menyakiti Rasulullah akan mendapat azab yang pedih.

(QS. At-Taubah ayat 61)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement