Jumat 04 Feb 2022 10:05 WIB

AS Kirimkan Ribuan Pasukan ke Jerman dan Polandia

Sekitar 1.700 pasukan dikirim ke Polandia dan 300 lainnya dikirim ke Jerman

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina, unit militer sukarelawan Angkatan Bersenjata, berlatih di taman kota di Kyiv, Ukraina, 22 Januari 2022.
Foto: AP/Efrem Lukatsky
Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina, unit militer sukarelawan Angkatan Bersenjata, berlatih di taman kota di Kyiv, Ukraina, 22 Januari 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pasukan Penerjun Payung Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) naik ke pesawat untuk berangkat ke Eropa Timur. Pengiriman pasukan ini dilakukan di tengah ketegangan antara Ukraina dan Rusia.

Pasukan AS itu berangkat dari pangkalan militer Fort Bragg, North Carolina. Sekitar 1.700 pasukan, sebagian besar dari Divisi 82nd Airborne Division ditugaskan ke Polandia sementara 300 lainnya dikirim ke Jerman.

Baca Juga

"Apa yang anda lihat hari, merupakan fasilitas yang biasa kami gunakan untuk pasukan penerjun sebelum mereka turun untuk melakukan operasi mereka," kata juru bicara Angkatan Darat Matthew Visser, Jumat (4/2/2022).

"Saat sedang digunakan untuk pra-mobilisasi pasukan dari 18th Airborne Corps dan 82nd Airborne Division yang memenuhi perintah mereka untuk ditugaskan ke Eropa, baik ke Jerman dan ke Polandia, untuk membantu sekutu-sekutu NATO dan mitra kami dalam mencegah Rusia," tambahnya.

Pada Rabu (2/2/2022) lalu AS mengatakan akan mengirimkan 3.000 pasukan tambahan ke Polandia dan Romania. Sebagai perlindungan bagi Eropa Timur dari potensi tumpahnya krisis pengerahan pasukan Rusia di perbatasan Ukraina.

Rusia membantah tuduhan berencana menginvasi Ukraina. Pada Kamis (3/2/2022) kemarin Moskow menuduh Washington mengabaikan seruan mereka untuk meredakan ketegangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement