Sabtu 05 Feb 2022 23:43 WIB

Nenek di Praya Meninggal Usai Salah Tenggak Racun

Nenek mengira meminum obat rematik yang ternyata racun hama.

Red: Indira Rezkisari
Seorang nenek di Praya Tengah. Lombok Tengah, NTB meninggal akibat salah menenggak racun yang dikira obat rematik.
Foto: Wikipedia
Seorang nenek di Praya Tengah. Lombok Tengah, NTB meninggal akibat salah menenggak racun yang dikira obat rematik.

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK TENGAH -- Nenek Olem (70) Kelurahan Sasake, Kecamatan Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, ditemukan meninggal di rumah. Ia meninggal setelah diduga minum racun yang dikira obat rematik.

"Informasi dari warga, korban meninggal setelah minum racun yang dikira obat," kata Kapolres Lombok Tengah, AKBP Hery Indra Cahyono, Sabtu (5/2/2022).

Baca Juga

Dari hasil keterangan yang diperoleh dari anak kandung korban, sebelum meninggal korban sedang duduk di teras rumahnya. Sedangkan anaknya sedang memperbaiki kandang ayam sempat menanyakan kepada korban sedang apa, korban pun menjawab sedang makan obat rematik.

"Melihat ibunya mengunyah dengan keras, anak korban curiga dan langsung memeriksa tempat daun sirih yang berada di depan ibunya. Ditemukan satu bungkus racun hama yang sudah terbuka," katanya.

Seketika korban langsung muntah-muntah dan diberikan air kelapa untuk diminum. Korban sempat dibawa ke Puskesmas Batu Nyala untuk mendapat pertolongan medis, akan tetapi kondisi korban terus menurun hingga nyawa korban tidak bisa diselamatkan.

"Karena faktor usia korban tidak bisa membedakan antara racun hama dengan obat rematik," katanya. Atas kejadian tersebut keluarga korban menganggapnya sebagai musibah dan menolak untuk dilakukan autopsi terhadap korban dengan membuat pernyataan penolakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement