Ahad 06 Feb 2022 22:18 WIB

Jerman Coba Yakinkan AS akan Berdiri Lawan Agresi Rusia

Jerman dilaporkan menolak untuk memasok senjata ke Ukraina.

Red: Teguh Firmansyah
 Kanselir Jerman Olaf Scholz berbicara selama konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Italia Mario Draghi di kantor pemerintah Istana Chigi di Roma, Senin, 20 Desember 2021.
Foto: AP/Guglielmo Mangiapane/REUTERS
Kanselir Jerman Olaf Scholz berbicara selama konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Italia Mario Draghi di kantor pemerintah Istana Chigi di Roma, Senin, 20 Desember 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Kanselir Jerman Olaf Scholz terbang ke Washington pekan ini dalam visi untuk meyakinkan bahwa Jerman berdiri bersama Amerika Serikat (AS) dan mitra NATO dalam menentang agresi Rusia terhadap Ukraina. Kunjungannya terjadi di tengah kritik yang mendera di dalam dan luar negeri tentang sikap Jerman terhadap Rusia.

Pemerintahan Jerman menolak untuk memasok senjata ke Ukraina. Namun Scholz mengatakan, bahwa Moskow akan membayar harga tinggi jika terjadi serangan oleh Rusia ke Ukraina.

Baca Juga

 

Scholz akan bertemu Presiden AS Joe Biden dan anggota Kongres pada Senin, dengan konferensi pers dan wawancara jaringan juga direncanakan. Kehadiran pria berusia 63 tahun yang berbicara lembut di Washington dapat memiliki implikasi luas bagi hubungan AS-Jerman dan posisi Scholz di dalam negeri.

Mantan presiden Donald Trump sering mengecam Jerman dan menuduhnya tidak menarik perhatian internasional. Namun Biden kini telah berusaha untuk membangun kembali hubungan dengan Berlin. "Biden telah mengambil beberapa risiko nyata, termasuk pada masalah pipa gas Jerman-Rusia," kata Jeff Rathke, presiden Institut Amerika untuk Studi Jerman Kontemporer.

"Kunjungan (Scholz) ke Washington adalah kesempatan baginya untuk mencoba membalik halaman itu," kata Rathke.

Selama kunjungannya ke Moskow bulan lalu, Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock dari Green Party menyebut penempatan pasukan Rusia di perbatasan dengan Ukraina sebagai ancaman. Dia berencana untuk mengunjungi Ukraina pada Senin dan Selasa pekan depan dan memeriksa garis depan antara pasukan Ukraina dan daerah-daerah yang dikuasai oleh separatis yang berbasis di Rusia di timur.

"Apa pun yang dilakukan Jerman untuk mendukung Ukraina kemungkinan akan dikenakan biaya," katanya.

Persetujuan Jerman atas 5.000 helm untuk pasukan Ukraina pekan lalu mengundang ejekan luas. Kiev sejak itu meminta Jerman untuk memasok lebih banyak perangkat keras militer, termasuk sistem rudal anti-pesawat jarak menengah dan portabel, serta amunisi. Ini menempatkan Berlin dalam posisi yang canggung.

"Jerman sekarang hilang dalam aksi. Mereka melakukan jauh lebih sedikit daripada yang perlu mereka lakukan," kata Senator Richard Blumenthal, seorang politisi AS Partai Demokrat dan anggota Komite Angkatan Bersenjata.

Sentimen ini digaungkan oleh Senator Republik Rob Portman, yang mempertanyakan mengapa Berlin belum menyetujui permintaan untuk membiarkan anggota NATO Estonia menyerahkan howitzer Jerman lama ke Ukraina. "Itu tidak masuk akal bagi saya, dan saya telah membuatnya sangat jelas dalam percakapan dengan Jerman dan lainnya," kata Portman kepada NBC.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement