Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suko Waspodo

Apakah Orang Lajang Kurang Materialistis?

Gaya Hidup | Sunday, 06 Feb 2022, 21:51 WIB
image: LovePanky

Para lajang sering kali memiliki sikap yang sangat berbeda terhadap uang dan karier.

Sepanjang abad kedua puluh, globalisasi dan harmonisasi pasar menyebabkan meningkatnya persaingan dan mendorong banyak industri untuk mencari cara untuk meningkatkan pemanfaatan pekerja dan meningkatkan efektivitasnya. Tekanan ini, bersama dengan peningkatan kecepatan kerja, menempatkan tuntutan yang tidak masuk akal pada pekerja, secara negatif membentuk mereka kehidupan pribadi dan kesehatan mental dan fisik.

Namun, baru-baru ini, kita telah menyaksikan reaksi balik terhadap tren ini yang telah mengkatalisasi permintaan untuk mengubah sifat pekerjaan. Pentingnya pekerjaan untuk pemenuhan diri sedang ditekankan dan gagasan memiliki pekerjaan menjadi kurang menarik daripada protean karir atau panggilan. Individu semakin tidak mau bekerja keras tanpa perasaan pemenuhan diri.

Para Lajang Lebih Banyak Mencari Makna

Orang yang belum menikah dan lajang sering kali memegang nilai yang identik dengan pendekatan yang kurang materialistis terhadap uang dan karier yang tidak hanya membuat mereka lebih siap menghadapi tantangan keuangan, tetapi juga mengarah pada pilihan hidup yang meningkatkan kebahagiaan.

Para lajang juga lebih kecil kemungkinannya untuk terjerat utang daripada pasangan, kumpul kebo, dan orang yang sudah menikah, dan oleh karena itu kemungkinan besar akan menghindari konsekuensi utang yang mengurangi kebahagiaan. Mungkin saja para lajang pada akhirnya menjadi kurang materialistis dibandingkan mereka yang akhirnya menikah, atau orang yang lebih materialistis lebih mungkin memasuki hubungan berkomitmen jangka panjang.

Dalam kedua kasus, dapat dengan jelas dikatakan bahwa, bersama dengan kecenderungan untuk kurang fokus pada materi, para lajang lebih menghargai kebermaknaan pekerjaan mereka daripada yang lain. Para lajang cenderung mencari pekerjaan yang menarik, menantang, dan lebih memuaskan.

Penentang dari sudut pandang ini berpendapat bahwa para lajang yang tertarik dengan pekerjaan mereka sebenarnya tidak mencintai apa yang mereka lakukan, melainkan meyakinkan diri mereka sendiri bahwa ini adalah kebenaran untuk 'menghadapi' kenyataan menjadi lajang. Sebagai alternatif, yang lain mengatakan bahwa para lajang—terutama wanita—yang mengaku mencari kepuasan tingkat tinggi dari pekerjaan mereka hanyalah kompensasi atas fakta bahwa mereka telah berhasil dalam tugas terpenting dalam hidup, yaitu menemukan pasangan dan memulai sebuah keluarga.

Studi empiris, bagaimanapun, menunjukkan ini tidak benar. Untuk menguji kelayakan klaim di atas, peneliti menyelidiki sikap remaja terhadap pekerjaan ketika mereka masih di sekolah menengah—ketika mereka belum menikah. Pada awal penelitian, 709 siswa sekolah menengah atas di Minnesota ditanya apa yang penting bagi mereka dalam karir masa depan mereka, dan keseimbangan insentif ekstrinsik (yaitu, keuangan) dan intrinsik (yaitu, ideologis) yang membentuk proses pengambilan keputusan mereka.

Individu yang termotivasi secara ekstrinsik sebagian besar peduli tentang stabilitas pekerjaan, gaji, dan peluang untuk kemajuan, sementara individu yang termotivasi secara intrinsik lebih menekankan pada pekerjaan yang bermakna, kesempatan untuk menggunakan dan mengembangkan keterampilan, dan menunjukkan tanggung jawab.

Sembilan tahun kemudian, pada usia 26 hingga 27 tahun, status hubungan para partisipan didokumentasikan. Hasilnya menunjukkan hubungan yang jelas antara nilai-nilai yang berhubungan dengan pekerjaan dan kecenderungan untuk menikah, dengan individu yang termotivasi secara intrinsik lebih mungkin untuk melajang dan lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki anak daripada mereka yang termotivasi secara ekstrinsik.

Selain itu, nilai-nilai terkait pekerjaan para peserta dinilai kembali pada saat ini. Peserta lajang menghargai pekerjaan yang bermakna dan memperoleh lebih banyak secara intrinsik dari pekerjaan mereka daripada peserta yang sudah menikah.

Implikasinya di sini adalah bahwa bahkan jika kita memperhitungkan bahwa mereka yang menekankan pada motivasi intrinsik di sekolah menengah lebih kecil kemungkinannya untuk menikah, mereka yang menikah pada usia 26 hingga 27 tahun secara mandiri cenderung tidak menghargai pekerjaan yang berarti daripada pekerjaan lajang (faktor demografis lainnya seperti tingkat pendidikan, pendapatan, dan status pekerjaan dikendalikan).

Studi penulis sendiri menunjukkan bahwa kepuasan di tempat kerja sangat penting dalam menjelaskan pembuatan lajang dengan tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi. Para lajang yang bahagia, terutama lajang yang bahagia jangka panjang dan belum menikah, meningkatkan kesejahteraan mereka dengan mencari pemenuhan diri melalui karir mereka daripada melalui penciptaan keluarga inti.

Secara khusus, analisis statistik penulis terhadap hampir tiga ratus ribu peserta dewasa Survei Sosial Eropa pada tahun 2002 hingga 2018, usia 30 tahun ke atas, menunjukkan bahwa kepuasan kerja berkontribusi pada kebahagiaan keseluruhan lebih banyak daripada individu yang sudah menikah. Penting untuk dicatat bahwa “kepuasan kerja” dalam hal ini tidak berarti kenyamanan kerja atau gaji yang besar. Penulis mengecualikan faktor-faktor tersebut dalam analisis. Kepuasan kerja membawa konotasi yang lebih mendalam dalam pengertian ini dan berhubungan dengan memperoleh makna dan pemenuhan diri dari pekerjaan.

Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa orang yang menikah menghabiskan jauh lebih sedikit waktu untuk hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan seperti serikat pekerja dan masyarakat profesional yang untuk keuntungan pribadi mereka sendiri daripada para lajang. Para lajang, dalam hal ini, memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menunjukkan minat mereka dan meningkatkan pemenuhan pribadi mereka dengan berpartisipasi dalam kelompok, klub, dan organisasi yang tidak hanya meningkatkan kehidupan mereka secara profesional tetapi juga secara sosial.

***

Solo, Minggu, 6 Februari 2022. 9:34 pm

'salam sehat penuh cinta'

Suko Waspodo

suka idea

antologi puisi suko

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image