Ahad 06 Feb 2022 22:25 WIB

Angin Ribut Terjang Pati, 23 Rumah Rusak

Lima hektare lahan pertanian warga juga terdampak angin ribut.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi angin ribut. Angin Ribut Terjang Pati, 23 Rumah Rusak
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi angin ribut. Angin Ribut Terjang Pati, 23 Rumah Rusak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 23 unit rumah terdampak angin puting beliung di Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah. Kejadian tersebut berlangsung pada Sabtu (5/1) pukul 12.30 WIB. Hujan lebat disertai angin kencang ini dirasakan warga, Desa Sugihrejo, Kecamatan Gabus. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati melaporkan tidak ada warga yang mengungsi. Selain merusak rumah, lima hektare lahan pertanian warga juga ikut terdampak akibat kejadian tersebut. 

Baca Juga

"BPBD yang dibantu dinas terkait, TNI, Polri, relawan membantu warga yang tertimpa musibah. Tim gabungan telah melakukan pendataan terhadap dampak kerusakan angin kencang di desa tersebut," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Ahad (6/2/2022).

Peringatan dini cuaca BMKG pada hari ini, menyebutkan wilayah Jawa Tengah masih berpotensi hujan dengan intensitas tinggi yang disertai kilat atau petir dan angin kencang. Sementara itu, prakiraan cuaca di Kabupaten Pati hingga Sabtu (12/2/2022) pekan depan berpotensi mengalami hujan ringan hingga sedang. 

"Menyikapi potensi ini, pemerintah daerah dan warga diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga, khususnya pada puncak musim hujan di bulan Februari ini. Hindari bangunan yang terlihat rapuh, pohon, dan reklame di jalan apabila terjadi hujan," kata Muhari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement