Senin 07 Feb 2022 21:12 WIB

90 Sukarelawan akan Ikuti Uji Klinis Vaksin Merah Putih di RSUD Dr Soetomo

Sukarelawan uji klinis vaksin Merah Putih berusia 18 tahun dan belum divaksinasi.

Red: Reiny Dwinanda
Vaksin Covid-19 (ilustrasi). Unair telah menyiapkan jadwal dan relawan untuk uji klinis vaksin Merah Putih.
Foto: Wikimedia
Vaksin Covid-19 (ilustrasi). Unair telah menyiapkan jadwal dan relawan untuk uji klinis vaksin Merah Putih.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Sebanyak 90 sukarelawan berusia minimal 18 tahun akan mengikuti uji klinis tahap pertama Vaksin Merah Putih. Uji coba akan dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo Surabaya pada 9 Februari 2022.

"Uji klinis tahap awal sudah siap, termasuk jadwal dan relawannya. Berikutnya, tahap dua dan tiga dijadwalkan kemudian," ujar Rektor Universitas Airlangga Surabaya Prof Mohammad Nasih ketika dikonfirmasi wartawan di Surabaya, Senin (7/2/2022).

Baca Juga

Menurut Prof Nasih, kebutuhan relawan tahap 1 dan 2 Vaksin Merah Putih sangat banyak sehingga pihaknya mengerahkan semua kekuatan. Rektor mengungkapkan, saat berkunjung ke Unair pada Jumat (4/2/2022), Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa juga menawarkan bantuan untuk mencarikan sebanyak 5.000 sukarelawan tahap 1 dan 2 Vaksin Merah Putih.

"Kami berterima kasih Panglima TNI berkomitmen untuk membantu, karena tidak mudah untuk mencari 5.000 relawan," ucap dia.

Kalau dilakukan sendiri, menurut Prof Nasih, pihaknya mungkin bisa mendapatkan sekitar 1.000 hingga 2.000 orang. Alam tetapi, kekurangan jumlah relawan masih banyak.

"Sebab, syaratnya harus yang belum divaksinasi sama sekali,"  kata Guru Besar Unair tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement