Selasa 08 Feb 2022 14:01 WIB

Sutradara Sebut All of Us Are Dead tak Hanya Soal Zombie

'All of Us Are Dead' menggambarkan manusia dari semua lapisan masyarakat.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
'All of Us Are Dead' menggambarkan manusia dari semua lapisan masyarakat.
Foto: Netflix
'All of Us Are Dead' menggambarkan manusia dari semua lapisan masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Sutradara K-drama thriller "All of Us Are Dead" mengatakan serial orisinal Netflix ini bukan sekadar kiamat zombie, tetapi juga penggambaran masyarakat manusia dari semua lapisan masyarakat. Berdasarkan webtoon populer, "All of Us Are Dead" diatur di sekolah menengah yang jatuh ke dalam kekacauan karena virus zombie misterius. 

Sekelompok siswa melakukan pertempuran habis-habisan melawan zombie, yang sebelumnya adalah teman dan guru mereka. Tak ada polisi dan orang dewasa lainnya yang datang untuk menyelamatkan mereka.

Baca Juga

Sejujurnya, sutradara Lee Jae-kyoo mengatakan tidak menikmati pertunjukan atau film zombie. Namun, sutradara yang dikenal sebagai Lee JQ itu tertarik dengan komik aslinya karena menggambarkan wabah zombie di sebuah sekolah.

"Tidak seperti orang dewasa, siswa yang belum dewasa membuat keputusan yang berbeda dalam situasi yang ekstrem,” kata Lee dilansir Yonhap News, Selasa (8/2/2022).

Dalam menghadapi kematian, dia menjelaskan remaja bisa menjadi lebih radikal, tidak sabaran, atau pemarah. Namun pada saat yang sama, menurut dia, mereka bisa lebih bersemangat daripada orang dewasa.

Misalnya saja, karakter On-jo (Park Ji-hu) terus memegang tangan sahabatnya yang sudah terinfeksi virus, sementara yang lain tidak repot-repot memaksa teman yang berubah menjadi zombie. Karakter Cheong-san (Yoon Chan-young) adalah anak pintar yang pertama kali menilai situasi, mengatakan sesuatu seperti Train to Busan menimpa sekolahnya. Cheong-san juga mencoba untuk memimpin teman-temannya ke tempat yang lebih aman.

Lee, yang memimpin serial TV Korea Selatan terkenal seperti roman sejarah "Damo" (2003) dan romansa "Beethoven Virus" (2008), mengatakan ingin menggambarkan sekolah dalam "All of Us Are Dead" sebagai semacam mikrokosmos masyarakat manusia, dengan berbagai orang berseragam sekolah, seperti pengganggu dan korban, anak kaya dan miskin, kepala sekolah laki-laki.

“Ada pepatah yang mengatakan bahwa anak adalah cerminan orang tuanya. Bisa diperluas ke pepatah lain bahwa sekolah adalah cermin masyarakat. Saya ingin menunjukkan citra paralel ini melalui siswa,” ujar Lee.

Seiring dengan perang skala penuh melawan zombie, kekerasan sekolah adalah tema utama lain dari cerita dalam seri Netflix 12 episode itu. Virus zombie misterius dikembangkan oleh seorang guru sains untuk membantu putranya melawan pengganggu sekolah. Sutradara menyadari kritik dari deskripsi rinci drama tentang kekerasan sekolah dan penggunaan kata-kata kotor yang berlebihan. 

“Banyak orang merasa tidak nyaman melihat perundungan di sekolah dan ingin menjauhkan diri darinya. Tapi masyarakat kita mungkin tidak jauh berbeda dengan sekolah. Kita bisa menjadi pelaku atau korban dengan atau tanpa disadari,” tutur Lee.

Serial ini telah membuat gelombang di Netflix sejak debut pada 28 Januari saat dipuji sebagai "Squid Game” baru. Serial ini menduduki puncak daftar 10 Teratas TV non-Inggris streamer untuk pekan 24-30 Januari dengan 124,79 juta jam ditonton. Ini menjadi serial berbahasa Korea keempat yang menduduki puncak bagan resmi mingguan Netflix untuk serial TV non-Inggris setelah "Squid Game”, "Hellbound”, dan "The Silent Sea”.

Menurut data perusahaan analitik streaming Flixpatrol, acara TV ini telah berada di puncak grafik acara TV Netflix teratas selama sembilan hari berturut-turut sejak entri pertamanya pada 29 Januari lalu. Itu adalah proyek layar kecil pertama Lee dalam 10 tahun, setelah romansa "The King 2 Hearts" (2012). Dia menyutradarai beberapa film selama periode itu, termasuk film thriller sejarah The Fatal Encounter (2014) dan drama komedi Intimate Strangers (2018).

Sutradara mengatakan dia sudah memikirkan cerita selanjutnya, meskipun musim kedua belum dikonfirmasi. Jika musim pertama terus berjalan dengan baik untuk waktu yang lebih lama, Lee mempertimbangkan segera membahas musim berikutnya.

“Saya menyajikan kisah perjuangan manusia untuk bertahan hidup di musim pertama. Di musim berikutnya, saya ingin bercerita tentang zombie,” kata Lee. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement