Rabu 09 Feb 2022 01:31 WIB

Diduga Omicron, 36 Pasien Covid-19 di Indramayu Diperiksa WGS

36 pasien Covid-19 itu merupakan akumulasi pasien yang terkonfirmasi.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Sebanyak 36 pasien Covid-19 di Kabupaten Indramayu diduga terserang varian Omicron. Masyarakat pun diminta waspada seiring kenaikan kasus Covid-19 dalam dua pekan terakhir.

Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, Dede Setiawan, mengatakan, 36 pasien Covid-19 itu merupakan akumulasi pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejak kasus itu melonjak mulai pertengahan Januari 2022 hingga sekarang.

Dede mengatakan, nilai cycle threshold (CT value) dari 36 pasien itu kurang dari 25. Berdasarkan surat edaran dari Kemenkes RI, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dengan nilai CT kurang dari 25, harus ditindaklanjuti dengan pemeriksaan whole genome sequencing (WGS).

Pemeriksaan WGS itu untuk memastikan pasien tersebut terpapar varian Omicron atau bukan. "Sampelnya sudah kami kirim ke Labkesda Provinsi Jabar. Sampai sekarang kami masih menunggu hasilnya," kata Dede, Rabu (8/2).

Dede mengungkapkan, sejauh ini, warga Kabupaten Indramayu yang dipastikan terpapar Omicron ada satu orang. Yakni, seorang pekerja migran Indonesia (PMI) yang baru pulang dari Arab Saudi.

"Yang bersangkutan kini sudah sembuh, sudah pulang. Tapi kami tetap pantau," ucap Dede.

Dede mengungkapkan, kasus Covid-19 di Kabupaten Indramayu mengalami lonjakan yang signifikan. Pada pekan pertama 2022, kasus Covid-19 hanya ada dua orang. Namun sepanjang pekan kelima, kasus terkonfirmasi baru sudah mencapai 163 orang.

Dede pun mengingatkan, masyarakat bahwa kasus Covid-19 kini melonjak kembali. Karena itu, penerapan protokol kesehatan (prokes) harus benar-benar diterapkan secara disiplin.

"Jangan merasa sudah vaksin, kemudian prokes diabaikan," kata Dede.

Dede menambahkan, pihaknya juga terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Bagi masyarakat yang belum lengkap dosis vaksinnya, diminta segera mengikuti vaksinasi hingga tahap booster.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذَا تُتْلٰى عَلَيْهِمْ اٰيٰتُنَا بَيِّنٰتٍ تَعْرِفُ فِيْ وُجُوْهِ الَّذِيْنَ كَفَرُوا الْمُنْكَرَۗ يَكَادُوْنَ يَسْطُوْنَ بِالَّذِيْنَ يَتْلُوْنَ عَلَيْهِمْ اٰيٰتِنَاۗ قُلْ اَفَاُنَبِّئُكُمْ بِشَرٍّ مِّنْ ذٰلِكُمْۗ اَلنَّارُۗ وَعَدَهَا اللّٰهُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْاۗ وَبِئْسَ الْمَصِيْرُ ࣖ
Dan apabila dibacakan di hadapan mereka ayat-ayat Kami yang terang, niscaya engkau akan melihat (tanda-tanda) keingkaran pada wajah orang-orang yang kafir itu. Hampir-hampir mereka menyerang orang-orang yang membacakan ayat-ayat Kami kepada mereka. Katakanlah (Muhammad), “Apakah akan aku kabarkan kepada-mu (mengenai sesuatu) yang lebih buruk dari itu, (yaitu) neraka?” Allah telah mengancamkannya (neraka) kepada orang-orang kafir. Dan (neraka itu) seburuk-buruk tempat kembali.

(QS. Al-Hajj ayat 72)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement