Rabu 09 Feb 2022 13:25 WIB

Masih Bikin Bingung, Virus Covid-19 Airborne atau tidak? Ini Kata Ilmuwan

Sebelumnya virus Covid-19 disebut 'airborne' tetapi kemudian dinyatakan bukan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Sebelumnya virus Covid-19 disebut 'airborne' tetapi kemudian dinyatakan bukan.
Foto: www.pixabay.com
Sebelumnya virus Covid-19 disebut 'airborne' tetapi kemudian dinyatakan bukan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada 28 Maret 2020 di momen awal pandemi Covid-19, Organisasi Kesehatan Dunia(WHO) pernah mengklaim jika Covid-19 bukanlah airborne atau penyakit yang menular lewat udara. Namun, beberapa ilmuwan menyatakan pernyataan tersebut merupakan kesalahan.

Dari semua kesalahan, salah satu yang terbesar dan tampaknya luput dari perhatian adalah tentang transmisi udara. Para ilmuwan yang mempelajari penularan melalui udara setuju bahwa SARS-CoV-2 disebarkan oleh aerosol, partikel pernapasan mikroskopis kecil yang dapat mengapung di udara dan hampir pasti merupakan rute penularan paling penting.

Baca Juga

Meski demikian, banyak otoritas kesehatan dunia dan pemerintah telah berulang kali terlambat menerima dan menyiarkan ini karena dogma, ketakutan, dan sains yang sangat ketinggalan zaman. Pada awal 2020, para ilmuwan mencoba memahami virus ini. 

Hal ini menarik perhatian Profesor Linsey Marr, seorang insinyur lingkungan dan ilmuwan aerosol yang mempelajari virus di udara di Virginia Tech. Marr adalah salah satu dari lima atau lebih ilmuwan di dunia yang mempelajari tumpang tindih antara bagaimana partikel bergerak di udara dan transmisi virus melalui udara.

Mengetahui Covid-19 keluar dari China, Marr dan segelintir ilmuwan lainnya mulai curiga bahwa virus ini tidak hanya menyebar melalui tetesan ludah dan ingus yang terlihat dari batuk atau bersin dari orang yang terinfeksi. Akan tetapi virus juga menyebar melalui udara mikroskopis aerosol. Namun, pada awalnya, WHO dan otoritas kesehatan lainnya tidak yakin bahwa aerosol adalah masalah. 

“Covid-19 tidak mengudara,” klaim mereka dengan berani. 

Banyak pemerintah mengikutinya, menekankan pentingnya mencuci tangan dan pembersih tangan. Kata 'airborne' tidak disebutkan di poster, situs web, atau bahkan panduan ilmiah mereka.

“Itu seperti kata yang dimuat untuk mereka. Mereka benar-benar menentang diri sendiri karena kata itu adalah cara terbaik untuk menjelaskan bagaimana ini menyebar ke masyarakat umum,” kata Profesor Marr kepada IFLScience, dikutip Rabu (9/2/2022).

Pada kenyataannya, banyak penularan terjadi dari menghirup partikel kecil ini dari udara. Orang menghirup virus, baik dalam jarak dekat maupun jauh. Ini lebih mungkin terjadi ketika dekat dengan seseorang. 

“Ini seperti berdiri di samping seseorang yang merokok, Anda akan terpapar lebih banyak asap jika Anda dekat dengan mereka,” jelas Marr lagi.

Perbedaannya mungkin tampak halus, tetapi memiliki beberapa implikasi yang besar dan kuat. Tetesan lendir yang mengandung virus bisa sebentar mengudara tetapi akan cepat jatuh ke tanah. Partikel hanya dapat menularkan virus jika langsung tertiup ke arah orang lain atau mendarat di permukaan, seperti pegangan tangan atau kenop pintu. Selain itu, menular saat orang yang tidak waspada memasukkan jari mereka ke dalam mulut.

Baca juga : Sebagian Pakar Ingatkan Covid-19 tak akan Menjadi Endemi

Aerosol di udara, jauh lebih kecil dan dapat bertahan lebih lama secara signifikan. Di ruangan yang pengap dan berventilasi buruk, aerosol yang mengandung virus dapat menggantung di udara untuk waktu yang jauh lebih lama. Orang yang terinfeksi juga lebih mungkin untuk menghembuskannya hanya melalui bernapas dan berbicara, dibandingkan batuk dan bersin.

Secara teori, jika orang yang terinfeksi bernafas di gerbong kereta, ruang kelas, bar, atau toko, aerosol menular masih bisa melayang di udara, mungkin beberapa jam setelah mereka pergi. Mengakui penularan melalui udara juga mengubah cara untuk mencegah penyebaran virus. Jika aerosol terlibat, maka tindakan pencegahan yang bangsal isolasi khusus dan masker N95 menjadi lebih penting.

Pada Juli 2020, 238 ilmuwan menulis surat terbuka kepada WHO yang menuntut mereka mengenali dan mengurangi penularan Covid-19 melalui udara. Aliran penelitian keluar yang menegaskan sikap bahwa Covid-19 menyebar melalui udara, tetapi butuh hampir satu tahun untuk menarik perhatian otoritas kesehatan masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement