Kamis 10 Feb 2022 18:14 WIB

Sesuatu di Dalam Perut Bikin Orang Rentan Depresi, Apa Itu?

Studi selama 16 tahun mengungkap salah satu penyebab orang rentan depresi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan depresi (Ilustrasi). Peneliti di Finlandia mengungkap kaitan antara populasi bakteri usus dengan kejadian depresi.
Foto: Pixabay
Perempuan depresi (Ilustrasi). Peneliti di Finlandia mengungkap kaitan antara populasi bakteri usus dengan kejadian depresi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat dihadapan pada situasi serupa, sebagian orang mungkin tampak lebih rentan mengalami depresi dibandingkan sebagian lainnya. Kerentanan seseorang terhadap depresi ini ternyata berkaitan dengan dua bakteri di dalam saluran pencernaan.

Kaitan antara bakteri di usus dengan kecenderungan depresi ini diungkapkan dalam studi terbaru yang dimuat dalam jurnal Nature Genetics. Studi ini menganalisis data yang dikumpulkan selama 16 tahun dan melibatkan hampir 6.000 warga Finlandia. Data ini memuat informasi genetik, mikrobiota usus, diet, dan gaya hidup para partisipan.

Baca Juga

Peneliti lalu menemukan bahwa gen tertentu tampak berkaitan dengan kadar mikrobiota usus tertentu yang tinggi dan 46 penyakit. Peneliti juga menemukan bahwa ada dua bakteri usus, yaitu Klebsiella dan Morganella, yang tampak berkaitan dengan kejadian depresi.

Bakteri Morganella bahkan mungkin memiliki hubungan sebab-akibat dengan depresi. Sekitar 181 orang partisipan yang mengalami depresi memiliki kadar Morganella yang lebih tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement