Kamis 10 Feb 2022 21:50 WIB

Lima Tanda tak Biasa Masalah Jantung

Ada lima tanda atau gejala tak biasa yang mungkin berkaitan dengan penyakit jantung

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Christiyaningsih
Ada lima tanda atau gejala tak biasa yang mungkin berkaitan dengan penyakit jantung (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Ada lima tanda atau gejala tak biasa yang mungkin berkaitan dengan penyakit jantung (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian terbesar di dunia menurut American Heart Association. Selain memicu gejala yang khas seperti nyeri dada dan sesak, penyakit jantung juga bisa disertai dengan gejala yang tak biasa.

Setidaknya ada lima tanda atau gejala tak biasa yang mungkin berkaitan dengan penyakit jantung. Jika mengalami gejala ini, sebaiknya periksakan kesehatan jantung ke dokter. Berikut ini adalah kelima gejala tersebut seperti dilansir EatThis.

Baca Juga

Bibir dan Kulit Biru

Warna bibir dan kulit yang terlihat kebiruan atau sianosis bisa menjadi tanda penyakit jantung. Warna kebiruan ini muncul karena kurangnya oksigen di darah atau kurang optimalnya peredaran darah.

Jari Tabuh

Bentuk ujung jari kaki atau tangan yang menggembung dikenal sebagai jari tabuh atau clubbed fingernails. Jari tabuh bisa menjadi tanda adanya masalah jantung dan megindikasikan bahwa darah yang membawa oksigen tidak sampai ke jari-jari.

Gusi dan Gigi Kurang Baik

Menurut penelitian, gigi yang goyang dan gusi yang meradang akan memicu inflamasi yang dapat berujung pada serangan jantung atau strok. Bakteri yang hidup di dalam mulut bisa masuk ke aliran darah, lalu ke jantung, dan secara langsung menginfeksi katup jantung yang rentan ketika seseorang mengalami penyakit gusi.

Daun Telinga Berkerut

Gejala lain yang perlu diperhatikan adalah kerutan diagonal pada daun telinga atau Frank's Crease. Frank's Crease bisa menjadi tanda dari penyakit jantung koroner. Menurut beberapa studi, ada kaitan antara Frank's Crease dengan penebalan atau pengerasan arteri yang dikenal sebagai aterosklerosis.

Benjolan-Benjolan Berlemak di Kulit

Eruptive xanthomatosi atau benjolan-benjolan berlemak di kulit bisa menjadi indikator bahwa kolesterol di dalam tubuh mencapai kadar tinggi yang membahayakan. Eruptive xanthomatosis juga bisa menjadi tanda penyakit jantung. Benjolan-benjolan ini bisa muncul di bagian tubuh mana pun termasuk lengan, kaki, bokong, pundak, dan sekitar mata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement