Sabtu 12 Feb 2022 07:20 WIB

Antihistamin Bisa Ringankan Gejala Pasien Long Covid?

Sejumlah pasien long Covid di AS mengonsumsi antihistamin setiap hari.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Sejumlah pasien long Covid di AS mengonsumsi antihistamin setiap hari.
Foto: www.freepik.com.
Sejumlah pasien long Covid di AS mengonsumsi antihistamin setiap hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Studi terbaru menemukan dua pasien dengan long Covid di California hampir sepenuhnya meringankan gejala mereka dengan mengonsumsi antihistamin setiap hari. Meskipun buktinya bersifat anekdot, hasil yang luar biasa bukan tanpa preseden.

"Jika pasien ingin mencoba antihistamin yang dijual bebas, saya mendorong mereka untuk melakukannya di bawah pengawasan medis," ujar perawat Melissa Pinto dari University of California, Irvine, seperti dilansir dari laman Science Alert, Sabtu (12/2/2022).

Baca Juga

Kasus pertama yang dirinci oleh para peneliti di UCI melibatkan seorang petugas kesehatan berusia 40-an. Ia adalah salah satu pasien Covid 19 pertama di Amerika Serikat. Pasien mungkin terinfeksi sekitar Januari 2020, meskipun pengujian saat ini jarang dilakukan. Tiga hari setelah jatuh sakit, pasien mengatakan dia terkena sakit kepala dan dinding kelelahan parah.

Beberapa hari kemudian, dia mengalami ruam dan mulai mengalami nyeri dada, demam , dan keringat malam. Infeksi terparah berlangsung selama 24 hari, tapi banyak gejalanya tetap ada. Pada bulan Maret tahun yang sama, dia mulai melaporkan gejala baru: kabut otak.

Baru setelah pasien mengonsumsi antihistamin untuk alergi keju pada Juni 2020, dia tiba-tiba merasa lebih baik. Dia mulai mengonsumsi 50 miligram diphenhydramine setiap hari. Tapi akhirnya berita itu sampai ke dokternya. Kemudian meresepkan obat lain untuk mencoba dan mencapai dosis yang akan mengendalikan gejalanya.

Pasien sekarang telah menggunakan resep 50 mg hidroksizin pamoat selama lebih dari sembilan bulan dan gejala kelelahan, kabut otak, intoleransi olahraga, dan nyeri dada hampir hilang. Kini ia telah mencapai 90 persen kesembuhan. Pasien kedua, seorang guru paruh baya, memiliki cerita serupa. 

Sebulan setelah tertular SARS-CoV-2, dia masih menderita nyeri sendi, insomnia, detak jantung yang cepat, dan sulit berkonsentrasi. Setahun kemudian, gejalanya tetap melemahkan.

Suatu hari, pasien secara acak mengganti obat antihistaminnya dari fexofenadine menjadi 25 miligram diphenhydramine karena yang terakhir lebih mudah ditemukan. Keesokan paginya, dia melihat kabut otak dan kelelahannya telah membaik, jadi dia melanjutkannya. Pasien sekarang mengkonsumsi 25 mg diphenhydramine di malam hari dan 180 mg fexofenadine di pagi hari, dan mengatakan dia merasa 95 persen lebih baik.

Pemulihan yang hampir sempurna dari kedua pasien itu luar biasa, tapi itu bukan cerita pertama dari jenisnya. Pada tahun 2021, sebuah penelitian kecil terhadap 49 pasien long Covid menemukan sistem kekebalan dalam siaga tinggi. Terlebih lagi, lebih dari 70 persen dari mereka yang menggunakan antihistamin dalam uji coba melaporkan perbaikan klinis pada gejala yang masih ada.

Penelitian long Covid lebih lanjut akan diperlukan untuk benar-benar menguji antihistamin. Tapi dua laporan kasus yang menjanjikan dari California dapat membantu memulai prosesnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement