Senin 14 Feb 2022 05:20 WIB

Intel Luncurkan Cip Khusus Blockchain

Intel mengatakan cip ini hemat energi dan bisa mempercepat kinerja di blockchain.

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi
Iluatrasi blockchain. Intel luncurkan cip blockchain.
Foto: Dok. Web
Iluatrasi blockchain. Intel luncurkan cip blockchain.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Intel meluncurkan cip yang dirancang khusus untuk kegiatan di blockchain, seperti menambang mata uang kripto dan membuat non-fungible token (NFT).

Cip blockchain buatan Intel, dikutip dari Reuters, Ahad (13/2/2022), akan tersedia tahun ini. Perusahaan yang akan menggunakan semikonduktor ini antara lain Block Inc, perusahaan yang didirikan mantan CEO Twitter Jack Dorsey.

Baca Juga

Intel mengatakan cip ini hemat energi dan bisa mempercepat tugas-tugas yang berjalan di blockchain, yang biasanya membutuhkan daya sangat besar. Intel juga membuat divisi baru untuk mempertajam fokus mereka pada blockchain, yaitu grup komputasi kustom, yang berada di dalam unit bisnis sistem komputasi dan grafis terakselerasi.

Blockchain berfungsi sebagai buku besar atau ledger yang berisi rekam transaksi dari sebuah jejaring komputer. Teknologi ini berkembang pesat sejak beberapa tahun belakangan. Perkembangan teknologi blockchain juga berdampak pada Web3 dan NFT, yang menggunakan sistem desentralisasi.

Selain Intel, produsen cip Nvidia juga memiliki cip khusus untuk menambang mata uang kripto Ethereum.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement