Selasa 15 Feb 2022 06:37 WIB

Sakit di Dua Area Tubuh Ini Bisa Jadi Tanda Terinfeksi Omicron

Tanda omicron yang tumpang tindih dengan flu biasa membuatnya sulit diidentifikasi.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Jika mengalami sakit di dua area tubuh ini bisa jadi itu adalah tanda Anda terinfeksi omicron. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com.
Jika mengalami sakit di dua area tubuh ini bisa jadi itu adalah tanda Anda terinfeksi omicron. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Varian omicron telah menyebar ke seluruh dunia. Varian tersebut kemungkinan menjadi penyebab sebagian besar kasus baru infeksi corona saat ini. 

Meskipun memberikan gejala ringan karena transmisibilitasnya tinggi, namun penyebarannya lebih cepat. Karena tanda-tandanya yang tumpang tindih dengan flu biasa, terkadang menjadi sulit untuk mengidentifikasi infeksi, sehingga menyebabkan keterlambatan dalam pengobatan. 

Baca Juga

Berdasarkan data, infeksi omicron bahkan tidak menyebabkan masalah pernapasan dalam banyak kasus. Ini mengarah pada tanda-tanda halus dan dapat diidentifikasi jika mengalami rasa sakit di kedua bagian. Berikut beberapa fakta omicron, seperti dilansir di laman Times of India, Senin (14/2/2022):

Gejala umum varian omicron

Nyeri otot telah menjadi gejala umum virus corona. Bahkan dalam kasus varian omicron, orang mengalami nyeri otot dan sesak. Menurut dokter di Afrika Selatan, di mana kasus omicron pertama kali dilaporkan, pada awalnya kebanyakan orang datang kepada mereka dengan keluhan nyeri otot yang dikenal sebagai mialgia. 

Berdasarkan data yang dikumpulkan selama peningkatan kasus omicron di seluruh dunia, kebanyakan orang mengalami gejala pernapasan ringan bersama dengan nyeri otot parah. Hidung meler, nyeri tubuh, nyeri dada, sakit punggung, dan kelelahan umumnya dikaitkan dengan varian omicron.

Sakit di dua area

Dua area paling umum di mana orang merasakan sakit dalam kasus varian omicron adalah kaki dan bahu. Dalam dua tahun terakhir, corona memengaruhi bagian tubuh mana pun, tetapi dalam kasus omicron, kaki dan bahu adalah area yang umum. Menurut aplikasi Studi Covid Zoe Inggris, orang yang mengeluh tentang nyeri otot selama omicron kebanyakan merasakannya di kaki dan bahu.

Bagaimana rasa sakitnya?

Rasa sakit yang disebabkan oleh virus varian omicron dapat bermanifestasi dalam berbagai cara, tetapi sebagian besar waktu itu ditandai dengan rasa sakit yang meluas dan dapat datang serta pergi sampai orang tidak pulih dari infeksi. Beberapa orang yang terinfeksi varian omicron juga mengeluhkan perasaan aneh seperti mati rasa atau kesemutan dan kelemahan pada kaki. Dalam kasus bahu, sebagian besar pasien merasa sakit, kaku, mati rasa. Kelemahan di kaki dan bahu juga bisa menjadi tanda varian Omicron.

Mengapa nyeri otot umum terjadi pada omicron?

Para ahli percaya bahwa nyeri otot adalah gejala umum dalam kasus infeksi virus dan tidak terkecuali virus corona. Namun meningkatnya kasus nyeri tubuh bisa disebabkan oleh banyak faktor. Bisa karena mediator inflamasi atau mungkin varian mutan lebih mempengaruhi sistem muskuloskeletal dibandingkan varian sebelumnya.

Ketika virus memengaruhi sistem muskuloskeletal, biasanya mempengaruhi otot, tulang, sendi, dan ligamen, yang menyebabkan rasa sakit dan nyeri. Meskipun nyeri tubuh sangat umum dalam kasus varian omicron, itu tidak dianggap sebagai lima gejala utama infeksi virus. Hidung meler, sakit kepala, lelah, bersin, dan sakit tenggorokan adalah gejala awal omicron yang harus diwaspadai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement