Bengkel Kursi Roda untuk Disabilitas Diresmikan di Sleman

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Fernan Rahadi

Teknisi difabel mereparasi kursi roda (ilustrasi).
Teknisi difabel mereparasi kursi roda (ilustrasi). | Foto: Wihdan Hidayat / Republika

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Bengkel kursi roda, training, dan seating clinic layanan alat bantu kursi roda diresmikan di Kabupaten Sleman. Peresmian diadakan Ohana Indonesia perwakilan Yogyakarta yang ada di Kalurahan Pakembinangun, Kapanewon Pakem.

Peresmian turut dihadiri langsung Pendiri Ohana Indonesia, Risnawati Utami. Ia mengatakan, masyarakat disabilitas seharusnya sudah mendapatkan kursi roda yang telah disesuaikan kebutuhannya masing-masing yang tentu berbeda satu sama lain.

Ia menekankan, kenyamanan disabilitas dalam menggunakan kursi roda sangat bisa menunjang aktivitas sehari-hari, bahkan bisa mendorong mereka untuk berprestasi. Karenanya, Risnawati mengingatkan, memakai kursi roda memang tidak sembarangan.

Selain harus disesuaikan kebutuhan pengguna, harus selalu dilakukan langkah perawatan. Maka itu, mereka bermaksud pula menciptakan lowongan pekerjaan untuk masyarakat disabilitas, salah satunya dengan menjadi teknisi kursi roda di Ohana Indonesia.

"Saya juga ingin menyumbangkan kursi roda untuk atlet disabilitas yang ingin berprestasi, baik di dalam maupun luar negeri," kata Risnawati melalui rilis yang diterima Republika, Senin (14/2).

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, mengapresiasi langkah yang dilakukan Ohana Indonesia tersebut. Ia berpendapat, keberadaan bengkel kursi roda ini turut menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat dan Kabupaten Sleman.

Ia mengajak, masyarakat yang membutuhkan kursi roda yang sesuai dengan aktivitas agar datang dan berkonsultasi dengan Ohana Indonesia perwakilan Yogyakarta. Yang mana, beralamat di Jalan Kaliurang Nomor 17, Kledokan, Pakembinangun, Pakem.

Danang menekankan, kondisi disabilitas memang bukan halangan sama sekali untuk dapat senantiasa melakukan aktivitas. Ia menilai, yang paling penting memiliki niat kuat dan keinginan terlebih dulu, sehingga bisa bersaing dalam berbagai bidang.

"Termasuk, berprestasi dalam bidang olahraga," ujar Danang. 

Terkait


Jelang Porda, KONI Sleman Diminta Matangkan Persiapan

 Di Jabar, Baru 0,1 Persen Perusahaan Berdayakan Disabilitas

Puluhan Ribu Anak Muda Dilatih Jadi Pengusaha Mandiri

Bupati Sleman Kukuhkan Paguyuban Abdi Dalem Keraton Ngayogyakarta

DPRD DKI Segera Bahas Raperda RDTR dan Hak Penyandang Disabilitas

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark