Rabu 16 Feb 2022 23:16 WIB

Skotlandia Berencana Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 5-11 Tahun

Skotlandia sudah menerima saran dari penasihat vaksin Inggris.

Red: Nora Azizah
Skotlandia sudah menerima saran dari penasihat vaksin Inggris.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Skotlandia sudah menerima saran dari penasihat vaksin Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pemerintah Skotlandia akan memberikan vaksin COVID-19 bagi anak berusia 5-11 tahun. Perdana Menteri Nicola Sturgeon pada Rabu (16/2/2022), telah menerima saran dari penasihat vaksin Inggris. Komite Gabungan untuk Vaksinasi dan Imunisasi (JCVI) mengimbau peluncuran vaksin COVID-19 di empat negara Inggris Raya, yang sejauh ini telah mematuhi pedoman mereka.

Inggris Raya atau Britania Raya mencakup Inggris, Irlandia Utara, Skotlandia dan Wales. "Meski belum diumumkan, saya dapat memastikan bahwa (pemerintah Skotlandia) telah menerima saran dari (penasihat) JCVI yang merekomendasikan agar vaksin diberikan kepada semua anak berusia 5-11 tahun," cuit Sturgeon di Twitter.

Baca Juga

"Kami akan menerima saran ini dan kini pendistribusian logistik sedang berlangsung," kata Sturgeon, dilansir reuters, Rabu.

Pemerintah Wales juga mengatakan akan menjalankan saran JCVI. Menteri Kesehatan Wales mengaku dirinya tidak begitu yakin mengapa pengumuman saran JCVI tertunda.

Inggris lebih lamban dibanding sejumlah negara lainnya dalam peluncuran program vaksinasi anak usia 5-11 tahun. Sementara anak-anak yang rentan sudah diberikan vaksin, Inggris saat ini tidak memvaksin kelompok usia yang lebih luas, tidak seperti Amerika Serikat dan Israel.

Pemerintah Inggris Raya, yang menetapkan kebijakan kesehatan untuk Inggris, belum mengumumkan vaksinasi untuk anak berusia 5-11 tahun, meski kebijakan peluncuran vaksin mereka biasanya dikoordinasikan dengan negara lainnya di Inggris Raya. 

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menuturkan bahwa dirinya akan menetapkan lebih banyak rincian tentang strategi hidup berdampingan dengan COVID-19, begitu parlemen mulai kembali bertugas Senin depan.

"Kami sedang mengevaluasi saran JCVI sebagai bagian dari penetapan keputusan yang lebih luas sebelum publikasi strategi jangka panjang untuk hidup berdampingan dengan COVID-19," kata juru bicara Kementerian Kesehatan Inggris," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement