Ahad 20 Feb 2022 08:51 WIB

Renault Terjun ke Lini Mobil Bertenaga Hidrogen

Renault bertujuan mengurangi mobil dengan bensin atau solar.

Red: Indira Rezkisari
Renault mengembangkan mobil hidrogen sejalan dengan rencana produsen mobil untuk mengurangi emisi karbon.
Foto: EPA
Renault mengembangkan mobil hidrogen sejalan dengan rencana produsen mobil untuk mengurangi emisi karbon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Renault telah merilis teaser mobil konsep bertenaga hidrogen baru. Mobil tersebut rencananya akan diluncurkan oleh pembuat mobil asal Prancis itu pada Mei tahun ini.

Dikutip Hindustan Times, Ahad (20/2/2022), mobil konsep tersebut merupakan upaya pertama Renault pada mobil hidrogen sejalan dengan rencana produsen mobil untuk mengurangi emisi karbon. Renault belum memberikan banyak detail tentang mobil konsep tersebut.

Baca Juga

Produsen mobil merilis pernyataan yang menyebut mobil konsep sebagai mobil yang "belum pernah terjadi sebelumnya". Dengan mobil konsep baru, Renault, seperti beberapa pembuat mobil lain seperti Toyota, telah mengungkapkan niatnya untuk memasuki kendaraan berbasis hidrogen dalam beberapa waktu mendatang.

Sebagai bagian dari rencana Renaulution, Renault bertujuan untuk mengurangi model ICE yang menggunakan bensin atau solar. Saat merilis teaser mobil hidrogen yang akan datang, Renault mengatakan, "Kendaraan bertenaga hidrogen yang unik mewakili perjalanan Grup Renault dan merek Renault menuju dekarbonisasi, serta kemajuan mereka dalam ekonomi sirkular dan penggunaan bahan daur ulang dan dapat didaur ulang."

Gambar teaser mengungkapkan wajah depan mobil konsep hidrogen dalam siluet, dengan garis yang jelas dan lampu depan LED yang terlihat. Desainnya, seperti yang terlihat melalui gambar teaser, mengisyaratkan bahwa mobil konsep tersebut menyerupai mobil listrik pabrikan mobil Prancis, Megane.

Ada struktur seperti crossover terlihat di mobil konsep dengan klaster lampu ramping mirip dengan Megane. Kaca spion samping mobil konsep Renault juga tampak hanya kamera, bukan kaca biasa. Namun, itu hanya dapat dikonfirmasi setelah produsen mobil memperkenalkan model tiga bulan dari sekarang.

Selain mobil hidrogen, yang tampaknya merupakan pendekatan baru dari produsen mobil Prancis, Renault berencana untuk menggemparkan seluruh jajarannya pada tahun 2030 sejalan dengan strategi Uni Eropa untuk menghentikan kendaraan ICE pada tahun 2035.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ هُوَ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّاحِدَةٍ وَّجَعَلَ مِنْهَا زَوْجَهَا لِيَسْكُنَ اِلَيْهَاۚ فَلَمَّا تَغَشّٰىهَا حَمَلَتْ حَمْلًا خَفِيْفًا فَمَرَّتْ بِهٖ ۚفَلَمَّآ اَثْقَلَتْ دَّعَوَا اللّٰهَ رَبَّهُمَا لَىِٕنْ اٰتَيْتَنَا صَالِحًا لَّنَكُوْنَنَّ مِنَ الشّٰكِرِيْنَ
Dialah yang menciptakan kamu dari jiwa yang satu (Adam) dan daripadanya Dia menciptakan pasangannya, agar dia merasa senang kepadanya. Maka setelah dicampurinya, (istrinya) mengandung kandungan yang ringan, dan teruslah dia merasa ringan (beberapa waktu). Kemudian ketika dia merasa berat, keduanya (suami istri) bermohon kepada Allah, Tuhan Mereka (seraya berkata), “Jika Engkau memberi kami anak yang saleh, tentulah kami akan selalu bersyukur.”

(QS. Al-A'raf ayat 189)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement