Senin 21 Feb 2022 00:01 WIB

Nyeri Tenggorokan karena Omicron? Coba Resep Ala Chef Yuda Bustara Ini

Mengonsumsi minuman yang tepat dapat membantu meredakan nyeri tenggorokan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Andi Nur Aminah
Ramuan herbal untuk mengurangi nyeri tenggorokan (ilustrasi)
Foto: Republika
Ramuan herbal untuk mengurangi nyeri tenggorokan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasien Covid-19 yang mengalami infeksi varian Omicron kerap mengeluhkan gejala nyeri tenggorokan. Mengonsumsi minuman yang tepat dapat membantu meredakan gejala ini.

Chef Yuda Bustara mengatakan pasien Covid-19 perlu memperbanyak minum ketika sakit. Minum air yang cukup dapat membantu meringankan gejala seperti demam hingga nyeri tenggorokan. Dalam hal meredakan nyeri tenggorokan, Chef Yuda lebih merekomendasikan air minum yang hangat.

Baca Juga

"Tapi kalau minum air (putih) hangat doang kan sayang, jadi bisa diberikan (tambahan) vitamin-vitamin, misalkan madu dan lemon," ujar Chef Yuda saat dihubungi Republika.co.id, beberapa waktu lalu.

Chef Yuda memiliki satu resep minuman hangat yang dapat memberikan perasaan lebih nyaman untuk pasien Covid-19. Resep ini adalah infused madu dengan rempah dan buah yang bisa disimpan dalam waktu sepekan di kulkas dan bisa diseduh dengan air hangat kapan pun diinginkan. "Bisa membuat nyaman dan juga bisa memberikan imun yang baik," ujar Chef Yuda.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat infused madu ini adalah satu buah lemon, satu buah jeruk nipis, satu ruas jahe, dua batang serai, dan daun mint secukupnya. Selain itu, siapkan pula madu dalam jumlah yang cukup banyak.

Untuk membuatnya, bersihkan dahulu semua bahan dengan air mengalir. Setelah itu, iris tipis buah lemon, jeruk nipis, dan jahe. Selanjutnya, geprek batang serai.

Dalam wadah atau jar yang cukup besar, masukkan irisan buah lemon, jeruk nipis, jahe, dan serai yang sudah digeprek. Berikutnya, tuangkan madu ke dalam wadah hingga semua buah dan rempah terendam. Masukkan daun mint secukupnya ke dalam wadah dan tutup wadah tersebut dengan rapat.

Untuk menyajikannya, tuangkan air hangat ke dalam cangkir. Tambahkan irisan lemon dan jeruk nipis segar bila ingin. Setelah itu, tambahkan infused madu dengan rempah dan buah yang sudah dibuat secukupnya ke dalam cangkir. Seduhan infused madu dengan rempah dan buah siap disajikan.

Sisa infused madu dengan rempah dan buah yang belum diseduh bisa disimpan di dalam kulkas. Infused madu dengan rempah dan buah ini bisa bertahan dalam kondisi baik di dalam kulkas selama satu pekan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement