Ahad 20 Feb 2022 22:33 WIB

Pakar: Secara Epidemiologis Omicron Lebih Berbahaya dari Delta

Pakar kesehatan menyebut pasien bisa menyebarkan Omicron tanpa ia sadari

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. Anggota Tim Pakar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk Percepatan Penanganan COVID-19 Prof Dr dr Syamsul Arifin MPd mengatakan secara epidemiologis varian Omicron mempunyai potensi jauh lebih berbahaya dari varian Delta.
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. Anggota Tim Pakar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk Percepatan Penanganan COVID-19 Prof Dr dr Syamsul Arifin MPd mengatakan secara epidemiologis varian Omicron mempunyai potensi jauh lebih berbahaya dari varian Delta.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Anggota Tim Pakar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk Percepatan Penanganan Covid-19 Prof Dr dr Syamsul Arifin MPd mengatakan secara epidemiologis varian omicron mempunyai potensi jauh lebih berbahaya dari varian Delta.

"Omicron muncul saat masyarakat dunia sudah memahami dan memiliki kesadaran untuk menjaga protokol kesehatan dan upaya 3T (testing, tracing, treatment) meskipun dengan tingkat penerapan yang berbeda-beda tiap daerah," katanya di Banjarmasin, Ahad (20/2/2022).

Baca Juga

Syamsul merujuk data Kementerian Kesehatan, pasien Omicron yang meninggal karena belum vaksinasi lengkap rata-rata mereka terinfeksi setelah 5 bulan melakukan vaksinasi pertama.

Hal ini menunjukkan bahwa jika vaksinasi kedua belum dilakukan padahal sudah 5 bulan atau lebih vaksinasi pertama hingga berpotensi memperberat kondisi penderita COVID-19."Ini bukti masih rendahnya kesadaran sebagian masyarakat terkait vaksinasi hingga munculnya varian Omicron sekarang," jelas guru besar Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran ULM itu.

Syamsul menyesalkan pula informasi yang keliru tentang omicron sangat banyak bertebaran di dunia maya. Di antaranya menyebut omicron hanya menimbulkan gejala ringan pada semua usia dan atau tanpa vaksinasi, karena vaksin dianggap tidak mampu melumpuhkan omicron maupun informasi bahwa masker tidak mampu mencegah penularan.

"Informasi yang keliru seperti ini tentunya sangat menyesatkan. Faktanya kasus Covid-19 di Indonesia terus meningkat sejak menyebarnya varian omicron termasuk korban meninggal dunia juga terjadi setiap hari," bebernya. Terdapat tambahan 59.635 kasus baru infeksi Covid-19 hingga 18 Februari 2022. 

Dari 1.090 pasien (karena omicron) yang meninggal, 48 persen memiliki komorbid, 76 persen berusia lebih dari 45 tahun dengan 49 persen masuk usia lanjut dan 68 persen belum divaksinasi dan 3 persen merupakan anak-anak dengan usia 0-5 tahun.

Dengan memperhatikan data-data secara epidemiologis, Syamsul mengingatkan masyarakat perlu mengenali varian Omicron secara menyeluruh bukan untuk menimbulkan ketakutan, namun dalam rangka meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan yang kini semakin masif.

Apalagi varian omicron memunculkan banyak gejala ringan bahkan tanpa gejala yang jika penderita tersebut tidak mematuhi isolasi mandiri tentunya terjadi penularan tanpa disadari.

"Dengan kewaspadaan tinggi menerapkan prokes diharapkan dapat menekan lajunya pertumbuhan Covid-19, di samping mengejar pencapaian vaksinasi lengkap di seluruh Indonesia," kata pria yang juga menjabat dekan Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya itu.

Baca juga : Dokter: Anak di Bawah 5 Tahun Wajar Batuk Pilek Setahun Empat Kali

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement