Senin 21 Feb 2022 17:36 WIB

Tanggapan Malaikat Jibril Seusai Melihat Neraka dan Surgaย 

Allah SWT memperlihatkan surga dan neraka kepada malaikat Jibril

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Surga. Allah SWT memperlihatkan surga dan neraka kepada malaikat Jibril
Foto: Pixabay
Ilustrasi Surga. Allah SWT memperlihatkan surga dan neraka kepada malaikat Jibril

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Allah SWT memberikan gambaran tentang surga dan neraka pada umat manusia. Deskripsi surga dan neraka itu banyak ditemukan baik dalam ayat Alquran atau hadits Nabi Muhammad SAW.  

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam At Tirmidzi diceritakan bahwa malaikat Jibril diperintahkan untuk melihat surga dan neraka. 

Baca Juga

Awalnya malaikat Jibril yakin tidak ada seseorang yang ingin masuk neraka, namun ketika melihat neraka diselimuti syahwat, malaikat Jibril berkata lain. 

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ุนูŽู†ู’ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ูŽู…ูŽู‘ุง ุฎูŽู„ูŽู‚ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽู‘ุฉูŽ ูˆูŽุงู„ู†ูŽู‘ุงุฑูŽ ุฃูŽุฑู’ุณูŽู„ูŽ ุฌูุจู’ุฑููŠู„ูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽู‘ุฉู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู†ู’ุธูุฑู’ ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ูˆูŽุฅูู„ูŽู‰ ู…ูŽุง ุฃูŽุนู’ุฏูŽุฏู’ุชู ู„ูุฃูŽู‡ู’ู„ูู‡ูŽุง ูููŠู‡ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ููŽุฌูŽุงุกูŽู‡ูŽุง ูˆูŽู†ูŽุธูŽุฑูŽ ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ูˆูŽุฅูู„ูŽู‰ ู…ูŽุง ุฃูŽุนูŽุฏูŽู‘ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ู„ูุฃูŽู‡ู’ู„ูู‡ูŽุง ูููŠู‡ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ููŽุฑูŽุฌูŽุนูŽ ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ููŽูˆูŽุนูุฒูŽู‘ุชููƒูŽ ู„ูŽุง ูŠูŽุณู’ู…ูŽุนู ุจูู‡ูŽุง ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ุฅูู„ูŽู‘ุง ุฏูŽุฎูŽู„ูŽู‡ูŽุง ููŽุฃูŽู…ูŽุฑูŽ ุจูู‡ูŽุง ููŽุญูููŽู‘ุชู’ ุจูุงู„ู’ู…ูŽูƒูŽุงุฑูู‡ู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงุฑู’ุฌูุนู’ ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ููŽุงู†ู’ุธูุฑู’ ุฅูู„ูŽู‰ ู…ูŽุง ุฃูŽุนู’ุฏูŽุฏู’ุชู ู„ูุฃูŽู‡ู’ู„ูู‡ูŽุง ูููŠู‡ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ููŽุฑูŽุฌูŽุนูŽ ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ููŽุฅูุฐูŽุง ู‡ููŠูŽ ู‚ูŽุฏู’ ุญูููŽู‘ุชู’ ุจูุงู„ู’ู…ูŽูƒูŽุงุฑูู‡ู ููŽุฑูŽุฌูŽุนูŽ ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ูˆูŽุนูุฒูŽู‘ุชููƒูŽ ู„ูŽู‚ูŽุฏู’ ุฎููู’ุชู ุฃูŽู†ู’ ู„ูŽุง ูŠูŽุฏู’ุฎูู„ูŽู‡ูŽุง ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงุฐู’ู‡ูŽุจู’ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุฑู ููŽุงู†ู’ุธูุฑู’ ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ูˆูŽุฅูู„ูŽู‰ ู…ูŽุง ุฃูŽุนู’ุฏูŽุฏู’ุชู ู„ูุฃูŽู‡ู’ู„ูู‡ูŽุง ูููŠู‡ูŽุง ููŽุฅูุฐูŽุง ู‡ููŠูŽ ูŠูŽุฑู’ูƒูŽุจู ุจูŽุนู’ุถูู‡ูŽุง ุจูŽุนู’ุถู‹ุง ููŽุฑูŽุฌูŽุนูŽ ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ูˆูŽุนูุฒูŽู‘ุชููƒูŽ ู„ูŽุง ูŠูŽุณู’ู…ูŽุนู ุจูู‡ูŽุง ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ููŽูŠูŽุฏู’ุฎูู„ูŽู‡ูŽุง ููŽุฃูŽู…ูŽุฑูŽ ุจูู‡ูŽุง ููŽุญูููŽู‘ุชู’ ุจูุงู„ุดูŽู‘ู‡ูŽูˆูŽุงุชู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงุฑู’ุฌูุนู’ ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ููŽุฑูŽุฌูŽุนูŽ ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ูˆูŽุนูุฒูŽู‘ุชููƒูŽ ู„ูŽู‚ูŽุฏู’ ุฎูŽุดููŠุชู ุฃูŽู†ู’ ู„ูŽุง ูŠูŽู†ู’ุฌููˆูŽ ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ุฅูู„ูŽู‘ุง ุฏูŽุฎูŽู„ูŽู‡ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุจููˆ ุนููŠุณูŽู‰ ู‡ูŽุฐูŽุง ุญูŽุฏููŠุซูŒ ุญูŽุณูŽู†ูŒ ุตูŽุญููŠุญูŒ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda, “Saat Allah menciptakan surga dan neraka, Allah mengutus Jibril ke surga. Jibril melihatnya dan yang dipersiapkan untuk penghuninya. Setelah itu Jibril mendatangi neraka dan melihatnya serta segala yang dipersiapkan untuk penghuninya. Kemudian Jibril kembali kepada-Nya. 

Jibril berkata,”Demi keperkasaan-Mu, tidaklah seseorang mendengarnya (surga) melainkan akan memasukinya.” 

Kemudian Jibril diperintahkan untuk kembali ke surga dan ternyata surga diliputi oleh hal-hal yang tidak menyenangkan. 

Allah berfirman, “Kembalilah ke surga lalu lihatlah apa yang telah Aku persiapkan untuk penghuninya.” Jibril kembali ke surga, ternyata surga telah diliputi oleh hal-hal yang tidak menyenangkan.

Jibril kembali pada-Nya, dia berkata, “Demi keperkasaan-Mu, aku khawatir tidak akan ada seorang pun yang memasukinya.” Allah berfirman, ”Pergilah ke neraka dan lihatlah apa yang telah Aku persiapkan untuk penghuninya. Ternyata neraka menumpuk satu sama lain.” 

Kemudian, Jibril kembali dan berkata, “Demi keperkasaan-Mu, tidak ada seseorang mendengarnya (neraka) lalu (ingin) memasukinya.” 

Lalu Jibril diperintahkan untuk kembali menegok neraka, ternyata neraka diliputi oleh syahwat. 

Allah SWT berfirman, “Kembalilah ke neraka.” Jibril kembali ke neraka lalu Jibril berkata, “Demi keperkasaan-Mu, aku khawatir tidak akan ada seorang pun yang selamat darinya (neraka) melainkan akan memasukinya (neraka).” (HR At Tirmidzi)  

Hadits ini menjelaskan malaikat Jibril yang melihat neraka, Jibril berkomentar bahwa tidak ada seseorang yang ingin masuk neraka setelah mendengar tentang neraka. 

Namun saat malaikat Jibril melihat syahwat mengelilingi neraka, Jibril khawatir tidak ada seorang pun yang bisa lolos dari siksa neraka.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement