Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suko Waspodo

Apa yang Harus Dilakukan Jika Anda Merasa Suami Membenci Anda?

Eduaksi | Monday, 21 Feb 2022, 22:19 WIB
image: Bonobology.com

Ketika Anda menikah, saya yakin Anda tidak pernah – dalam sejuta tahun – akan membayangkan bertanya pada diri sendiri, “Bagaimana jika suamiku membenci aku?”

Tentu saja tidak.

Ketika orang berjalan menyusuri lorong, mereka berharap pasangan mereka akan mencintai mereka, memperlakukan mereka dengan baik, menjadi sahabat mereka, dan hidup bahagia selamanya. Kemudian, suatu hari (seperti hari ini), Anda menemukan diri Anda mencari solusi untuk masalah yang tidak pernah Anda bayangkan bisa ada.

Tetapi bagaimana Anda sampai di sini?

Apa yang Menyebabkan Kebencian dan Kebencian dalam Pernikahan?

Bagaimana bisa jadi seperti ini? Meskipun berbeda untuk setiap pasangan, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan banyak kebencian (dan bahkan kebencian dalam sebuah pernikahan). Mari kita lihat beberapa di antaranya.

Menelantarkan

Ketika seseorang menikah, banyak orang – terutama pria – berpikir, “Ahhhh aku sudah menikah. Sekarang aku tidak perlu melakukan banyak pekerjaan lagi untuk hubungan ini.”

Dengan kata lain, mereka menjadi malas.

Saat berpacaran, hal yang lumrah dilakukan oleh para pria. Bagi sebagian orang, itu hanya secara biologis terhubung ke mereka. Namun, begitu mereka berpikir bahwa mereka “memilikimu”, maka semua upaya itu seolah-olah hilang.

Tetapi hanya karena banyak pria yang lalai, bukan berarti Anda mungkin juga tidak mengabaikan suami Anda. Itu bisa di area mana pun dalam hubungan Anda - seks, cinta, perhatian, persahabatan ... sebut saja. Jadi, lihat tindakan Anda untuk melihat apakah Anda telah mengabaikannya dengan cara apa pun.

Egoisme

Ketika orang menjadi malas dan lalai dalam pernikahan, itu sering didasarkan pada keegoisan. Dan keegoisan dalam pernikahan tidak berhasil.

Hubungan adalah jalan dua arah. Satu orang tidak dapat melakukan semua pemberian, sementara orang lain melakukan semua penerimaan. Jika itu masalahnya, maka itu menciptakan ketidakseimbangan yang sangat tidak sehat antara kedua orang itu.

Ketika satu orang egois, kebencian tumbuh di pihak orang lain. Tidak ada yang suka menjadi keset dan dimanfaatkan.

Selingkuh

Selingkuh dulunya semacam potong-dan-kering. Dengan kata lain, Anda selingkuh atau tidak. Namun, di era teknologi ini, ada banyak area abu-abu dalam hal selingkuh, dan tidak hanya terbatas pada perselingkuhan fisik.

Tentu, perselingkuhan seksual ada di urutan teratas daftar kebanyakan orang ketika harus mendefinisikannya. Namun, perselingkuhan emosional sama menghancurkannya dengan pernikahan seperti jenis fisik, dan terkadang lebih dari itu.

Selingkuh mengikis kepercayaan, entah itu perlahan seiring berjalannya waktu, atau jika terjadi seolah-olah bom dijatuhkan. Bagaimanapin juga, itu berpotensi menciptakan kebencian jangka panjang dan bahkan permusuhan.

Melecehkan

Penyalahgunaan juga datang dalam berbagai bentuk. Ya, jika seseorang memukul Anda, itu pasti pelecehan. Tetapi Anda tidak perlu mata hitam atau patah tulang untuk sesuatu yang dianggap sebagai pelecehan.

Jika seseorang memanggil Anda, mengkritik Anda, atau hanya memberi tahu Anda hal-hal negatif tentang diri Anda, maka itu adalah pelecehan.

Pelecehan adalah sesuatu yang hampir selalu mengarah pada kebencian dan kebencian dalam pernikahan.

Cara Mengenalinya Jika Pasangan Anda Membenci Anda

Sekarang setelah kita mengetahui beberapa faktor yang dapat menyebabkan kebencian dan kebencian dalam pernikahan, mari kita lihat beberapa tanda yang mungkin memberi tahu Anda bahwa pasangan Anda mungkin membenci Anda.

1. Anda Berjuang Sepanjang Waktu

Konflik dan perselisihan tidak selalu buruk dalam suatu hubungan. Tidak masuk akal untuk mengharapkan dua orang bergaul dan menyetujui segalanya.

Namun, yang selalu buruk adalah jika Anda bertengkar secara tidak adil dan sering. Misalnya, jika salah satu atau Anda berdua harus berjuang untuk memenangkan argumen dan menjadi "benar", maka itu adalah cara yang sangat tidak sehat untuk menjalin hubungan. Jika pertengkaran adalah landasan pernikahan Anda, maka itu adalah tanda bahwa salah satu (atau keduanya) mungkin membenci yang lain.

2. Dia Hampir Tidak Melakukan Upaya Apa Pun dalam Pernikahan

Hal ini erat kaitannya dengan kelalaian. Jika dia tidak berusaha sama sekali dalam pernikahan, maka dia mengabaikan Anda. Mungkin bukan karena dia “membenci” Anda, tetapi bisa juga.

Dia harus bersikap baik kepada Anda, menjaga persahabatan, bersikap romantis, dan menjadi pasangan yang baik. Tetapi jika Anda merasa dia hanya teman sekamar Anda (dan bahkan mungkin bukan teman sekamar), maka itu bukan pertanda baik. Dia mungkin merasa ingin menyerah – atau sudah.

3. Anda Jarang Berhubungan Seks

Perbedaan antara persahabatan dan hubungan romantis/perkawinan adalah keintiman fisik. Itu mungkin terdengar jelas, tetapi, sayangnya, banyak orang menemukan diri mereka dalam pernikahan tanpa cinta dan tanpa seks.

Jadi, jika Anda tidak dapat mengingat kapan terakhir kali Anda berdua saling menyentuh selain memberikan sesuatu di dapur, maka keintiman dalam pernikahan Anda mungkin hilang. Ketika orang menikah dengan seseorang yang tidak terlalu dia sukai lagi, maka dia tidak akan merasa ingin berhubungan seks dengannya.

4. Dia Menerima Anda Begitu Saja

Di dunia yang ideal, tidak ada yang harus menerima begitu saja. Namun, sepertinya itu selalu terjadi.

Terkadang, itu hanya sifat manusia. Kita merasa nyaman dengan status quo dan mengharapkan segala sesuatunya selalu sama. Namun, jika Anda memikirkannya, apa pun atau siapa pun dapat diambil dari kita dengan mudah.

Jadi, jika Anda merasa dimanfaatkan dan tidak dihargai, itu bisa menjadi tanda bahwa dia membenci Anda, atau bahkan mungkin menolak Anda.

5. Anda Mencurigai Dia Selingkuh

Ketika seseorang merasa kesal terhadap pasangannya, dia mungkin akan mencari di tempat lain jika ada kesempatan. Sekarang, jangan salah paham – saya tidak mengatakan ini baik-baik saja. Sebenarnya tidak. Berpaling di luar pernikahan tidak melakukan apa pun untuk memperbaikinya dan segalanya untuk menghancurkannya.

Tetapi jika pasangan Anda memiliki kebencian seperti itu terhadap Anda, maka akan lebih mudah bagi mereka untuk membenarkan perselingkuhannya. Jika dia tidak mencintai Anda lagi, maka dia mungkin tidak akan merasa bersalah seperti yang dia lakukan.

6. Dia Menganiaya Secara Mental, Emosional, dan/atau Fisik

Penyalahgunaan 'tidak pernah' baik-baik saja. Dan maksud saya tidak pernah. Saya tidak peduli betapa buruknya Anda terhadap seseorang, tidak ada yang pantas dilecehkan.

Namun, itu memang terjadi. Biasanya, orang yang tidak seimbang secara mental menjadi pelaku kekerasan. Dia menjadi seperti itu karena berbagai alasan di masa lalunya yang mungkin atau mungkin tidak ada hubungannya dengan Anda. Anda bisa menjadi bagian dari campuran, tetapi jika Anda dilecehkan, itu bisa berarti bahwa, selain hal-hal lain, dia mungkin membenci Anda karena sesuatu. Tetapi itu masih tidak membuatnya baik-baik saja.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Anda Merasa Suami Membenci Anda?

Jika setelah membaca semua ini, Anda masih berpikir bahwa pasangan Anda membenci Anda, maka ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Perlu diingat bahwa kembali dari jurang kebencian tidaklah mudah. Itu bisa dilakukan, tetapi memang membutuhkan banyak usaha dari kedua belah pihak.

1. Cari Tahu Jika Anda Ingin Berhasil (atau Tidak)

Jika Anda benar-benar merasa bahwa suami Anda sangat membenci Anda, maka Anda perlu berbicara panjang lebar dengan diri sendiri. Apakah Anda bahkan ingin tinggal? Mengapa Anda ingin tinggal jika tidak ada yang lain selain kebencian dalam pernikahan? Perjelas apa yang Anda inginkan sebelum membuat keputusan lain.

2. Bicaralah dengannya

Anda mungkin tidak melakukan percakapan yang nyata, jujur, atau sehat dengannya selama bertahun-tahun. Dan mungkin Anda tidak pernah benar-benar membicarakan kualitas pernikahan Anda. Tetapi jika Anda memiliki keinginan untuk membalikkan pernikahan, maka Anda perlu berbicara. Tidak akan mudah jika dia memiliki begitu banyak kebencian terhadap Anda, tetapi Anda tetap harus melakukannya.

3. Buat Rencana

Setelah Anda berbicara dengannya, buatlah rencana. Tergantung pada bagaimana percakapan berlangsung, salah satu dari dua hal mungkin terjadi. Entah dia bilang dia ingin mencoba menyelesaikannya, atau tidak. Jika tidak, maka keputusan dibuat untuk Anda. Tetapi jika dia melakukannya, maka Anda perlu mendapatkan bantuan.

4. Carilah Konseling

Banyak orang – terutama pria – berpikir bahwa pergi ke terapis adalah tanda kelemahan. Tapi itu sebenarnya sebaliknya. Orang kuat mencari bantuan. Jadi, cobalah untuk membuatnya setuju untuk mendapatkan bantuan profesional. Mungkin yang terbaik bagi Anda untuk mendapatkan konseling individu dan pasangan jika Anda mampu melakukannya.

5. Perceraian Jika Perlu

Terkadang, pernikahan tidak bisa diselamatkan tidak peduli seberapa keras Anda mencoba. Menyedihkan, tetapi terkadang lebih baik melanjutkan hidup secara terpisah daripada hidup dalam pernikahan yang dipenuhi kebencian. Dengan begitu, Anda berdua bisa memulai hidup baru yang mencakup cinta dan kebahagiaan.

Pikiran Akhir

Tidak ada yang ingin berada dalam pernikahan yang penuh kebencian. Bukan itu yang dimaksudkan untuk institusi pernikahan. Jadi, saya harap Anda akan membuat keputusan untuk mengutamakan kebahagiaan Anda karena ketika Anda bahagia, sisa hidup Anda juga akan bahagia. Itu tidak egois, itu mencintai diri, dan di situlah kebahagiaan dan kepuasan dimulai.

***

Solo, Senin, 21 Februari 2022. 10:11 pm

'salam hangat penuh cinta'

Suko Waspodo

suka idea

antologi puisi suko

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image