Selasa 22 Feb 2022 10:50 WIB

Penasihat Kesehatan Inggris Perkirakan Varian Baru Bisa Lebih Buruk dari Omicron

Penasihat kesehatan masyarakat Inggris peringatkan potensi varian baru virus corona

Rep: Santi Sopia/ Red: Christiyaningsih
 Seorang wanita mengenakan masker wajah untuk berjaga-jaga terhadap Covid-19 berjalan melewati toko suvenir wisata di Oxford Street di London. Penasihat kesehatan masyarakat Inggris peringatkan potensi varian baru virus corona. Ilustrasi.
Foto: AP Photo/David Cliff
Seorang wanita mengenakan masker wajah untuk berjaga-jaga terhadap Covid-19 berjalan melewati toko suvenir wisata di Oxford Street di London. Penasihat kesehatan masyarakat Inggris peringatkan potensi varian baru virus corona. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON - Penasihat kesehatan masyarakat terkemuka Pemerintah Inggris telah memperingatkan varian Covid-19 baru pada masa depan. Varian baru pada masa depan ini diperkirakan bisa lebih parah daripada omicron.

Berbicara pada konferensi pers di Downing Street, Profesor Sir Chris Whitty memperkirakan varian baru akan muncul pada masa depan. Beberapa di antaranya dapat menyebabkan masalah signifikan.

Baca Juga

Pakar kesehatan Inggris Sir Patrick Vallance juga mengatakan kepada publik bahwa pandemi masih jauh dari selesai. “Kami menduga akan ada lebih banyak varian dan bisa lebih parah,” kata dia seperti dikutip dari Evening Standard, Selasa (22/2/2022).

Kepala penasihat ilmiah pemerintah mengatakan, virus corona akan terus berkembang selama beberapa tahun ke depan. Dia juga menambahkan, tidak ada jaminan varian berikutnya akan memiliki tingkat keparahan yang lebih rendah seperti varian omicron. “Seiring berkembangnya, apa yang coba dilakukan adalah mengirimkan lebih mudah,” kata Sir Patrick.

Melindungi orang-orang yang paling rentan di masyarakat sangat penting dan tahun depan atau lebih adalah periode evolusi yang cukup tidak stabil. Di sisi lain, Sir Chris juga mengatakan, musim dingin berikutnya dapat melihat kombinasi Covid, flu, dan masalah pernapasan lainnya yang menyebabkan para ahli kesehatan masyarakat memperkirakan musim dingin menjadi 'rumit', bahkan tanpa varian baru.

Masyarakat disarankan terus mengisolasi diri jika mereka memiliki Covid-19, mirip dengan saran kesehatan masyarakat tentang penyakit lain seperti norovirus. Selain itu, tetap mengenakan masker wajah di tempat-tempat umum yang ramai menjadi saran yang masuk akal dan pragmatis untuk terus diikuti semua orang, saat pindah ke tahap pandemi berikutnya.

Sir Chris menyatakan keprihatinan tentang varian baru selama pidatonya kepada anggota parlemen, dengan menyebutkan mungkin ada "kebangkitan yang signifikan" pada masa depan. Namun, pemerintah akan mempertahankan ketahanan untuk mengelola dan menanggapi risiko ini, termasuk survei ONS yang terkemuka di dunia, akan memungkinkan ahli untuk terus melacak virus secara terperinci, dengan perincian wilayah dan usia membantu menemukan lonjakan seiring dan di mana itu terjadi.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengumumkan berakhirnya semua pembatasan domestik yang sah di Inggris. Ini termasuk menghapus persyaratan hukum bagi orang yang dites positif untuk mengisolasi diri mulai Kamis. Sementara itu, pengujian gratis akan berakhir di Inggris mulai 1 April.

Baca juga : Tak Hanya Demam, Ini Gejala Lain Terpapar Omicron

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement