Aplikasi Bantul Online Shop Bantu Pemasaran Produk IKM

Red: Yusuf Assidiq

Kantor Pemkab Bantul.
Kantor Pemkab Bantul. | Foto: Yusuf Assidiq.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meluncurkan aplikasi marketplace yang dinamakan Bantul Online Shop guna membantu pedagang pasar dan pelaku industri kecil menengah (IKM) daerah setempat memperluas pemasaran produk melalui jaringan.

"Bantul Online Shop dikembangkan sebagai implementasi kebijakan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SBPE) yang telah kita canangkan, dan juga mendukung penguatan Bantul Smart City," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih saat peluncuran aplikasi tersebut di Bantul, Selasa (22/2/2022).

Menurut dia, hal itu sesuai dengan misi yang telah ditetapkan Pemkab Bantul, yaitu misi pertama, penguatan reformasi birokrasi menuju pemerintahan yang efektif efisien, bersih dan akuntabel, serta menghadirkan layanan publik prima.

"Maka kita harus terus menyempurnakan sistem pemerintahan berbasis elektronik ini juga menguatkan system smart city, salah satu yang juga hari ini kita launching, kita buka adalah Bantul Command Center yang akan mengoperasikan banyak hal yang terintegrasi," ujarnya.

Dengan demikian, kata dia, nantinya bisa mempermudah pengambilan keputusan, di antaranya adalah lapor Bantul, kemudian pantauan CCTV di beberapa tempat yang kita perlukan dan lain sebagainya.

Bupati mengatakan, Bantul Online Shop, sebuah layanan publik perdagangan yang berbasis artifisial intelijen ini nanti bermanfaat tidak hanya bagi para pedagang, para pelaku industri, tetapi juga masyarakat sebagai konsumen.

"Bantul Online Shop merupakan aplikasi resmi dari Pemerintah Kabupaten Bantul sebagai inovasi dalam upaya memecahkan permasalahan ekonomi di tengah pandemi," kata dia.

Menurutnya, aplikasi perdagangan elektronik berbasis mobile yang dapat diakses melalui Android ini hadir untuk membantu pelaku UMKM di Bantul dalam memasarkan produknya dengan biaya yang minimal, jangkauan konsumen yang lebih luas, waktu tak terbatas, serta jumlah dan jenis barang yang beragam.

"Tidak hanya memberikan manfaat kepada pelaku UMKM saja, namun juga menjadi ruang baru bagi masyarakat untuk mendapatkan kebutuhannya dengan semakin mudah cepat dan aman," jelasnya.

Ia menambahkan, penjual yang membuka etalase di Bantul Online Shop ini juga telah terverifikasi oleh Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian dan Perdagangan Bantul melalui aplikasi sistem informasi data koperasi UKM dan IKM.

"Jadi, utamanya masyarakat calon konsumen bahwa seluruh produk yang diperdagangkan melalui Bantul Online Shop ini sudah melewati atau melalui kurasi yang dilakukan oleh dinas UKM," kata bupati.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Kasus Covid-19 Naik, Destinasi Wisata Bantul Terapkan Ganjil Genap

Pemkab Bantul Kuatkan Ideologi Pancasila bagi Kalangan Pemuda

Tambah Areal Pertanian, Bantul Optimalkan Pemanfaatan Lahan Kritis

Pemkab Bantul Permudah Izin Investasi Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Penutupan Tempat Publik Dinilai Efektif Hindari Kerumunan Berlebihan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark