Selasa 22 Feb 2022 17:02 WIB

Anxiety Ring Populer di TikTok, Apa Benar Bisa Redakan Kecemasan?

Anxiety ring tak ubahnya fidget spinner yang banyak dipakai untuk redakan kecemasan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi cincin. Anxiety ring memiliki manik-manik atau pita yang bisa diputar-putar ketika penggunanya mengalami kecemasan.
Foto: Republika/Friska Yolandha
Ilustrasi cincin. Anxiety ring memiliki manik-manik atau pita yang bisa diputar-putar ketika penggunanya mengalami kecemasan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah tekanan yang terus meningkat selama pandemi Covid-19, gangguan kecemasan menjadi kondisi kesehatan mental yang paling umum di seluruh dunia. Lalu, muncullah anxiety ring alias cincin untuk mengatasi kecemasan.

Video Tiktok yang menunjukkan anxiety ring semakin menjadi populer. Namun, pertanyaannya, apakah itu benar-benar berfungsi?

Baca Juga

Psikolog Cleveland Clinic Chivonna Childs PhD menjelaskan, cara kerja cincin kecemasan dan apakah itu layak untuk dicoba. Berikut adalah kutipan dari wawancara dr Childs yang diterbitkan oleh Cleveland Clinic, seperti dilansir Times Now News, Selasa (22/2/2022).

Apa itu cincin kecemasan?

Cincin kecemasan secara harfiah adalah cincin yang bisa dipakai di jari. Ini dapat memiliki manik-manik yang dapat diputar di atas cincin.

"Atau ada pita di dalam pita, di mana pita tengah berputar jika Anda menggerakkannya dengan jari atau ibu jari Anda," kata dr Childs.

Bagaimana cara kerja cincin kecemasan?

Cincin kecemasan mudah digunakan. Cukup letakkan satu di jari, dan ketika merasa cemas, berkonsentrasilah untuk memutar manik-manik atau pita tersebut.

"Apa pun yang Anda lakukan yang mengalihkan perhatian Anda dari memikirkan apa yang membuat Anda cemas dapat membantu," kata dr Childs.

Ini adalah jenis teknik grounding, di mana orang dapat mengarahkan pikiran. Anxiety ring agak mirip dengan fidget spinner, mainan yang didesain dengan bantalan bola di tengah yang memungkinkan pengguna untuk memutar atau memutar objek di antara jari-jari mereka.

"Cincin kecemasan mungkin menjadi pilihan yang lebih baik secara estetika," kata dr Childs.

Cincin kecemasan akan memungkinkan untuk menjadi penyamaran. Tidak ada yang akan tahu apa yang penggunanya lakukan.

Cara lain untuk mengelola kecemasan

Ada banyak cara untuk membantu mengurangi kecemasan. Berikut adalah beberapa teknik yang disarankan Cleveland Clinic:

Meditasi: Praktek India kuno ini disebarkan dan disempurnakan oleh yogi (praktisi yoga) selama berabad-abad membantu menenangkan saraf dan untuk mendapatkan fokus. Memperlambat dan memfokuskan pikiran Anda pada satu objek atau pikiran dapat membantu menjernihkan pikiran Anda. Yoga juga merupakan pilihan yang baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement