Rabu 23 Feb 2022 19:06 WIB

AP II Perkuat Tata Kelola Komersial

Tata kelola komersial untuk mendukung strategi akselerasi pemulihan bisnis

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Gita Amanda
Suasana pintu masuk Bandara Husein Sastranegara yang sepi di Kota Bandung, (ilustrasi).  PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) memastikan tengah memperkuat tata kelola komersial.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Suasana pintu masuk Bandara Husein Sastranegara yang sepi di Kota Bandung, (ilustrasi). PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) memastikan tengah memperkuat tata kelola komersial.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) memastikan tengah memperkuat tata kelola komersial. Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan hal tersebut dilakukan untuk mendukung strategi akselerasi pemulihan bisnis yang dijalankan tahun ini.

"Bisnis AP II semakin luas, khususnya bisnis non-aeronautika. Pada tahun ini kami juga berupaya mengakselerasi pemulihan bisnis," kata Awaluddin dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (23/2/2022).

Baca Juga

Awaluddin mengatakan AP II meluncurkan unit Commercial Care yang khusus memberikan pelayanan dan informasi terkait aktivitas komersial di seluruh bandara perseroan termasuk anak usaha. Dia menuturkan Commercial Care dapat dijangkau oleh seluruh mitra usaha AP II, badan usaha, dan masyarakat umum untuk mengetahui informasi mengenai peluang usaha di bandara, pelayanan komersial, dan berbagai aktivitas komersial lainnya.

Awaluddin menilai sudah saatnya AP II memiliki saluran atau channel khusus yang memberikan informasi atau keluhan terkait aspek komersial guna menjaga standar. "Ini juga untuk memastikan pengembangan bisnis tetap memperhatikan berbagai masukan,” tutur Awaluddin.

Layanan Commercial Care tersebut tersedia melalui Whatsapp dengan nomor 0811 884 138 dan Instagram di @commercialcareap2. Saat ini, bisnis AP II antara lain berasal dari bisnis inti (core business) yaitu bisnis non-aeronautika dan bisnis aeronautika.

Awaluddin menjelaskan, bisnis non aeronautika dikontribusikan dari area komersial, ruang iklan, dan angkutan kargo. Begitu juga dadi bisnis anak usaha yaitu PT Angkasa Pura Solusi, PT Angkasa Pura Aviasi, PT Angkasa Pura Properti, dan PT Angkasa Pura Kargo.

Sementara itu bisnis aeronautika berasal dari Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) atau disebut juga dengan Passenger Service Charge (PSC). Begitu juga dari Pelayanan Jasa Pendaratan, Penempatan dan Penyimpanan Pesawat Udara (PJP4U)

Awaluddin memastikan, Commercial Care akan menjadi pintu resmi informasi berbagai aspek komersial di lingkungan AP II. "Ini untuk menjembatani komunikasi antara mitra usaha dengan AP II. Semakin luasnya portofolio bisnis AP II akan didukung penuh Commercial Care,” ungkap Awaluddin.

Dia menambahkan, saat ini AP II juga telah memiliki layanan Customer Care sebagai pusat informasi dan layanan. Khususnya layanan kepada para pengguna jasa atau penumpang pesawat di seluruh bandara AP II.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement