Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Anton Galih

Apa Sih Fungsi Bappebti?

Bisnis | Wednesday, 23 Feb 2022, 15:18 WIB

Sebagai lembaga regulator, fungsi dari Bappebti ini sendiri sudah diatur dalam Keputusan Menteri Perdagangan No. 86/MPP/KEP/3/200 . Berlandaskan dasar hukum tersebut, Bappebti memiliki tugas untuk melakukan pembinaan, mengeluarkan izin usaha dan peraturan, mengawasi berbagai aktivitas berbagai perdagangan berjangka dan satu lagi yakni memberikan fasilitas penyelesaian masalah yang terjadi di lingkup perdagangan berjangka.

Semua ini dilakukan agar pihak pengguna dalam hal ini masyarakat memilki pilihan aplikasi trading tepercaya sehingga ekosistem investasi bisa terus berkembang.Tidak hanya mengeluarkan izin usaha, Bappebti juga bisa mencabutnya jika dirasa tidak memenuhi peraturan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Sekarang ini dan sejak beberapa tahun lalu Bappebti sudah go digital dan menyediakan layanan secara online. Mulai dari pengaduan, perizinan, dan juga ujian profesi calon wakil pialang berjangka.

Dalam menetapkan atau merancang regulasi, Bappebti memiliki standar tersendiri yang perlu dilakukan oleh yang berada di bawahnya. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga keamanan dan juga kepentingan klien.

Octa Investama Berjangka Broker Resmi Teregulasi Bappebti" />
Octa Investama Berjangka Broker Resmi Teregulasi Bappebti

Contohnya saja dalam dalam pialang saham, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah menyediakan fasilitas deposit dan juga penarikan tanpa melalui pihak ketiga.

Selain itu, broker juga harus menyediakan segregated account, yakni pihak broker melakukan pemisahan dana nasabah dari dan operasional perusahaan dengan tujuan menjamin keamanan dan pelaksanaan transaksi nantinya.

Keuntungan Memilih Broker yang Terdaftar di Bappebti

Broker tidak hanya datang dari dalam negeri saja, namun juga berasal dari luar negeri. Tentu saja ditawarkan dengan kemudahan masing-masing. Sampai saat ini broker yang bisa mendaftar di Bappebti hanya berasal dari dalam negeri saja. Jadi, bila memilih broker asing, berbagai kerugian akan ditanggung sendiri, tidak ada yang mendampingi.

Bagi yang tertarik dengan broker yang terdaftar di Bappebti akan ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Dalam hal keamanan akan lebih tepercaya, berbagai peraturan di dalamnya disesuaikan dengan standar di Tanah Air. Jika nanti ditemukan hal-hal yang mencurigakan, Bappebti bisa langsung membekukan broker atau bahkan mencabut izinnya.

Selain itu dalam hal withdrawal, bisa dilakukan dimana saja. Bahkan lebih cepat karena hanya berurusan dengan bank lokal. Estimasi waktu pengisian dana hanya dalam hitungan jam saja. Sementara penarikan juga tidak lama, bahkan tidak ada 24 jam. Keuntungan lainnya adalah broker yang terdaftar di Bappebti ini bisa dilacak bahkan didatangi secara langsung. Bahasa yang digunakan juga Indonesia, tidak takut terjadi miskomunikasi.

Usahakan untuk selalu memilih pihak-pihak yang terdaftar di badan-badan resmi supaya keamanannya lebih terjamin.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image