Kamis 24 Feb 2022 10:33 WIB

5 Rekomendasi Makanan untuk Menghilangkan Rasa Cemas 

Perpaduan olahraga, jadwal tidur sehat dan pola makan membantu meninghilangkan cemas.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Stroberi. Buah beri mengandung zat-zat yang membantu menenangkan suasana hati dan menghilangkan kecemasan.
Foto: flickr
Stroberi. Buah beri mengandung zat-zat yang membantu menenangkan suasana hati dan menghilangkan kecemasan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Masalah kecemasan telah meningkat pesat di antara orang-orang dalam beberapa tahun terakhir. Ada berbagai cara untuk mengatasi kecemasan.

Olahraga setiap hari, jadwal tidur yang sehat dan pola makan yang sehat adalah semua faktor yang berkontribusi untuk mempertahankan gaya hidup sehat.  

Baca Juga

Dilansir dari Krishijagran.com pada Kamis (24/2), terdapat lima rekomendasi makanan yang akan membantu Anda mengendalikan rasa cemas. 

1. Buah Beri

Setiap kali menghadapi stres, tubuh membutuhkan vitamin C, antioksidan kuat yang dapat membantu menenangkan suasana hati. Buah beri seperti stroberi, blueberry, raspberry dikemas dengan antioksidan dan memiliki tingkat Zinc yang rendah. 

Kedua hal ini telah dikaitkan dengan mengurangi tanda-tanda depresi dan meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Serotonin adalah hormon yang terkait dengan kebahagiaan pada individu.

2. Teh Chamomile

Teh chamomile membantu menenangkan suasana hati Anda.  Dipasangkan dengan jumlah tidur yang baik setiap hari, teh ini secara signifikan mengurangi stres dan tanda-tanda depresi pada individu.

3. Kiwi

Kiwi membantu dalam mengaktifkan sejumlah enzim dalam tubuh yang membantu mengurangi stres oksidatif dalam tubuh.  Stres oksidatif dan kerusakan dalam tubuh pada akhirnya menyebabkan kelelahan dan tingkat energi yang rendah.

4. Makanan Laut

Ikan berminyak seperti makerel, sarden, salmon mengandung asam lemak Omega-3 esensial yang mencakup (EPA & DHA).  Asam lemak omega 3 dengan mudah melakukan perjalanan dari otak ke jaringan otak dan berinteraksi dengan molekul yang bertanggung jawab atas suasana hati yang berbeda pada individu.  Mereka juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi tanda-tanda depresi.

5. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan magnesium dan bitamin B6.  Keduanya secara signifikan dapat membantu tubuh dalam produksi serotonin. Alpukat mengandung prekursor serotonin yang disebut triptofan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement