Kamis 24 Feb 2022 17:38 WIB

Ternyata, NFC Bukan untuk Cek Saldo E-Money Saja

Masih banyak yang bisa kita lakukan dengan memanfaatkan teknologi NFC.

Rep: Vidita/ Red: Partner
.
.

Yang kebanyakan orang tahu, Near Field Communication (NFC) biasa digunakan untuk mengecek saldo uang elektronik yang digunakan untuk membayar tol atau MRT. Padahal sebenarnya, fungsi teknologi yang satu ini, masih banyak lagi.

Karena NFC sendiri merupakan teknologi yang menggunakan radio frekuensi untuk melakukan transfer data antarperangkat. Namun tidak seperti bluetooth, jarak transfer antar perangkat menggunakan NFC biasanya hanya sekitar 10 senti meter.

Selain soal jarak, beda NFC dengan Bluetooth, biasanya terletak pada proses transfer dan konsumsi daya dan aman. Saat ini, setidaknya ada lima hal lainnya yang bisa kamu lakukan dengan NFC di smartphone selain mengecek saldo uang elektronik.

1. Berbagi data pakai Android Beam

Android Beam merupakan fitur yang selalu ada di setiap smartphone Android yang dilengkapi dengan NFC. Fitur ini memungkinkan kita berbagi data, termasuk kontak yang ada di ponsel hanya dengan mendekatkan kedua perangkat untuk berbagi data tersebut.

Ini merupakan teknologi berbagi data yang cukup menyenangkan karena hanya membutuhkan sedikit daya, bahkan tanpa daya sekalipun. Caranya juga cukup mudah. Tinggal pilih file yang ingin dibagikan, lalu pilih Android Beam sebagai pilihan teknologi pengiriman.

2. Menyelesaikan transaksi pembayaran

Untuk bisa menggunakan NFC sebagai transaksi pembayaran, kita memerlukan sebuah aplikasi pembayaran dari Google terlebih dahulu yang biasanya sudah jadi aplikasi bawaan di smartphone-smartphone Android yang beredar. Dari sini, kita harus melakukan pemindaian dengan mendekatkan smartphone ke perangkat pembayaran, lalu tekan tombol Bayar.

3. Berbagi koneksi WiFi

NFC bisa juga digunakan berbagi koneksi WiFi antarperangkat //smartphone// hanya dengan mendekatkan kedua perangkat dan melakukan pemindaian. Contoh lainnya, di hotel, kerap menyediakan alat yang disebut sebagai WiFi Porter.

Nah, di dini pengguna smartphone berbasis NFC bisa langsung mengakses WiFi tanpa kata sandi, cukup menempelkan smartphone ke tempat yang disediakan maka WiFi akan otomatis tersambung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement