Sabtu 26 Feb 2022 00:35 WIB

Kalori Nasi Bisa Terpangkas 50 Persen Ketika Ditanak dengan Campuran Sesendok Minyak Ini

Ada cara efisien untuk mengurangi kalori dalam nasi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Nasi adalah makanan kaya karbohidrat dan padat kalori.
Foto: www.freepik.com
Nasi adalah makanan kaya karbohidrat dan padat kalori.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nasi menjadi makanan pokok bagi penduduk di berbagai negara, termasuk Indonesia. Namun, bagi individu yang sedang diet, nasi putih kerap dihindari karena kandungan karbohidrat dan gula yang tinggi bisa membuat kalori di dalam tubuh menjadi menumpuk.

Kabar baiknya, sebuah studi yang dipimpin oleh Sudhair A James dari College of Chemical Science Sri Lanka mengungkap cara efisien untuk mengurangi kalori dalam nasi. Caranya mudah, yaitu hanya dengan menambahkan satu sendok teh minyak kelapa ke dalam air yang dipakai untuk menanak nasi.

Baca Juga

Tanak nasi selama 25 menit lalu buang air yang tersisa, kalau ada. Selanjutnya, dinginkan nasi dalam kulkas selama 12 jam.

Cara ini dinilai bisa memangkas kalori pada nasi sebanyak 60 persen. Nasi putih dingin telah lama terbukti memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada nasi putih yang baru matang.

"Kami menemukan bahwa peningkatan konsentrasi pati resisten beras (RS) adalah cara baru untuk mengatasi masalah tersebut. Jika varietas beras terbaik diolah, mungkin bisa mengurangi kalori sekitar 50-60 persen," kata James, seperti dilansir The Indian Express, Jumat (25/2/2022).

Menurut penelitian, pati yang merupakan komponen nasi, ada yang bisa dicerna dan tidak bisa dicerna. Tidak seperti jenis pati yang dapat dicerna, pati resisten tidak dipecah di usus kecil, tempat karbohidrat diubah menjadi glukosa dan diserap ke dalam aliran darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement