Pemkot-Polres Magelang Kota MoU Pembangunan dan Pelayanan Masyarakat

Red: Muhammad Fakhruddin

Pemkot-Polres Magelang Kota MoU Pembangunan dan Pelayanan Masyarakat (ilustrasi).
Pemkot-Polres Magelang Kota MoU Pembangunan dan Pelayanan Masyarakat (ilustrasi). | Foto: Dok Pemkot Magelang

REPUBLIKA.CO.ID,MAGELANG -- Pemerintah Kota Magelang dan Polres Magelang Kota, Jawa Tengah, menandatangani nota kesepahaman atau "memorandum of understanding" (MoU) di bidang pembangunan dan pelayanan masyarakat.

Penandatangan dilakukan oleh Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz dan Kapolres Magelang AKBP Yolanda Evalyn Sebayang di ruang sidang lantai II kantor Setda Kota Magelang, Kamis (25/2/2022).

Kegiatan tersebut merupakan upaya untuk menyatukan persepsi, menyamakan langkah dan menciptakan kemitraan antara Pemkot Magelang dengan Polres Magelang Kota terkait bidang pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat. "Diperlukan komunikasi dalam pembangunan di Kota Magelang. Kita harus mengikuti SOP. Kalau tidak ada di RPJMD ya tidak bisa kita jalankan. Selama kita mengikuti aturan yang ada, insyaAllah semua berjalan lancar," kata Aziz.

Kemitraan ini adalah angin segar guna mendukung tugas-tugas pemerintahan, terlebih sejak lahirnya UU Nomor 32/2004 tentang Otonomi Daerah di mana daerah diberikan hak otonomi untuk menciptakan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan.

Baca Juga

Menurut Aziz hal ini memiliki konsekuensi logis yaitu menghormati dan mewujudkan aspirasi rakyat serta mengakomodir kebutuhan dan gagasan masyarakat Kota Magelang yang pada kenyataannya terus meningkat. "Sinergi Pemkot Magelang dengan Polres Magelang Kota sangat dibutuhkan, terkait erat dengan tugas dan fungsi aparatur negara dalam perlindungan dan kepastian hukum dalam kapasitasnya melaksanakan tugas-tugas pemerintahan," katanya.

Ia berharap dengan kerja sama ini dapat mencegah permasalahan hukum sehingga pemerintahan dapat berjalan kondusif. Lebih lanjut, kerja sama dapat mendukung tugas-tugas pemerintahan utamanya dalam bidang pembangunan dan pelayanan masyarakat agar berjalan optimal.

Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evelyn Sebayang menuturkan pada prinsipnya Polres Magelang Kota mengawal penuh apa yang sudah menjadi program Pemkot Magelang agar semua berjalan lancar, tanpa permasalahan berarti. "Harapan ke depan, proses pembanguan Kota Magelang akan terlihat, masyarakat bisa merasakan. Pada prinsipnya kami dari Polres Magelang Kota memberikan asistensi supaya lancar, apabila ada permasalahan di lapangan bisa segera diluruskan," katanya.

Terkait


Peran Penting Mahasiswa dalam Pembangunan Berkelanjutan

Taliban Sepakati Anggaran Pertama Sejak Menguasai Afghanistan

Sri Mulyani Minta Pemda Patuhi Ketepatan Waktu Penetapan Perda APBD

Skema Blended Financing Selesaikan Pembangunan

Cegah Kebocoran Anggaran, Desa Wajib Punya Data Statistik

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark