Sabtu 26 Feb 2022 19:36 WIB

NFT Kian Populer, Rata-rata Transfer Harian Meningkat 600% Sejak Juli

NFT menyalip stablecoin dan altcoin di Ethereum mulai Juli lalu

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
NFT (Unsplash/Bjorn Pierre)
NFT (Unsplash/Bjorn Pierre)

Transfer token yang tidak dapat dibuka (NFT) di Ethereum telah melampaui transfer stablecoin dan altcoin sementara pasokan Bitcoin yang dibungkus (WBTC) tetap relatif stagnan sejak akhir tahun lalu.

Itu adalah dua temuan utama dalam pembaruan State of the Network terbaru dari Coin Metrics. Melansir dari Cointelegraph, Jumat (25/02) ini merinci bagaimana transfer ERC-721 menyalip stablecoin dan altcoin di Ethereum mulai Juli lalu dan terus meningkatkan margin di antara mereka sejak saat itu. ERC-721 sendiri adalah standar token untuk NFT di jaringan Ethereum.

Baca Juga: Laporan Coinshares: Ada $89 Juta Masuk ke Dana Bitcoin!

Transfer NFT mencapai rata-rata 50.000 per hari mulai akhir Juli dan belum turun di bawah garis sejak itu. Transfer NFT harian sekarang rata-rata tertinggi sepanjang masa lebih dari 300.000, meningkat 600% sejak Juli.

Sebaliknya, token ERC-20 termasuk altcoin dan transfer stablecoin terus menurun sejak akhir Juli. Transfer altcoin telah turun 39% dari 42.000 menjadi sekitar 30.000 per hari. Transfer stablecoin turun dari sekitar 24.000 pada bulan Juli menjadi 18.000 pada 23 Februari, penurunan 25%.

Angka-angka di atas membuat pesan cukup jelas: NFT lebih populer daripada sebelumnya. Permintaan untuk bertransaksi NFT di pasar tidak pernah lebih tinggi, menurut data dari DappRadar.

OpenSea saat ini adalah pemimpin sepanjang masa dalam volume perdagangan NFT dengan nilai 21,85 miliar dolar yang diperdagangkan, tetapi pasar LooksRare mengancam dominasi OpenSea. Selama 30 hari terakhir, LooksRare telah melihat volume 11,6 miliar dolar dibandingkan dengan OpenSea 4,13 miliar dolar.

Popularitas seperti itu dibantu oleh perluasan olahraga pro dan industri musik menjadi NFT dan pertumbuhan real estat virtual. Superstar NFL Tom Brady mengumpulkan 170 juta dolar pada 19 Januari untuk membantu skala pasar Autograph NFT-nya. Pada 3 Februari, artis rekaman John Legend meluncurkan platform NFT bagi musisi untuk menandai karya mereka.

Pasokan WBTC

WBTC adalah token ERC-20 yang telah menikmati peningkatan total transaksi sejak Juli. Setelah mencapai level terendah 110.000 transfer harian pada 9 Juli, transfer memuncak pada 3 November dengan 557.700. Saat ini ada sekitar 232.000 transfer harian, menurut CoinMetrics.

WBTC bertindak seperti stablecoin yang dipatok 1:1 dengan nilai Bitcoin (BTC) dan dapat ditebus kapan saja untuk Bitcoin nyata.

Baca Juga: Bitcoin dan Cryptocurrency Lainnya Jatuh Berjamaah Usai Rusia Serang Ukraina

Meskipun total pasokan WBTC di Ethereum mendekati ATH 271.000, setara dengan sekitar 1,4% dari total pasokan BTC, CoinMetrics menunjukkan tingkat token yang dicetak telah diratakan sejak awal Februari.

Namun, jumlah total alamat Ethereum yang memegang WBTC saat ini berada di ATH sebanyak 43.290 dompet, menurut CoinMetrics.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement