Ahad 27 Feb 2022 12:07 WIB

Ridwan Kamil Optimistis Produk Bandung Bisa Mendunia

Indonesia memiliki pasar yang cukup besar dan banyak SDM kreatif di dalamnya.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Andi Nur Aminah
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil)
Foto: Edi Yusuf/Republika
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sangat optimistis Indonesia kreatif dapat menaklukan dunia. Apalagi Indonesia memiliki pasar yang cukup besar dan banyak Sumber Daya Manusia kreatif di dalamnya. 

"Suatu hari nanti kreativitas Indonesia akan menaklukan dunia. Saya yakin sekali," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil saat memberikan sambutan dalam Acara Virtual Press Conference 3Second dan Greenlight untuk kegiatan Paris Fashion Week 2022 bersama Anya Geraldine dan Ariel Noah di Gedung Pakuan, akhir pekan ini.

Baca Juga

Emil mengatakan, ada beberapa alasan mengapa Ridwan Kamil sangat yakin karya kreatif Indonesia bisa mendunia. Salah satu contohnya, adalah apa yang terjadi di Jawa Barat, di mana produk fashion asal luar negeri seperti Prancis yang kalah pamor dibandingkan dengan merek lokal. 

"Khususnya di Jawa Barat, brand Internasional dari Perancis kurang laku. Yang laku itu clothing buatan lokal karena kerennya dan harganya sepersepuluh, seperseratus dari harga brand-brand dari Perancis," katanya.

Namun, kata dia, merek lokal tidak boleh terlena dan berhenti berinovasi. Merek lokal harus selalu paham dengan tren fashion di dunia. Sehingga produknya bisa diterima oleh pasar internasional. 

"Pesan saya harus selalu paham dengan tren dunia karena orang Perancis itu kalau bikin tren bersepakat dulu semua industrinya. Tahun depan mau warna apa nih, misalkan tiga warna dari sepatu dan baju, maka semua bersepakat tren ke depan tiga warna. Budaya di kita belum sampai ke level itu kekompakannya. Mudah-mudahan kita bisa secanggih itu," papar Emil. 

"Jangan lupa juga etnik-etnik motif inspiratif harus selalu mewarnai kita. Kecanggihan selera modernnya harus ada twist-nya dengan keragaman dari budaya Indonesia harus selalu kita explore," imbuhnya. 

Emil begitu yakin, produk dalam negeri akan mendunia. Hal ini, terkait momen bersejarah, di mana dua merek lokal, yakni 3Second dan Greenlight bisa memamerkan koleksinya di panggung Paris Fashion Show at Paris Fashion Week 2022. 

Dalam ajang ini, 3Second dan Greenlight mengajak beberapa artis, penyanyi dan influencer seperti Anya Geraldine, Ariel Noah, Keanu AGL, Reza Arap, hingga Wendy Walters. 

"Jadi suatu hari, insya Allah, kita akan menguasai dunia melalui kreativitas, satu per satu kita perlihatkan, salah satunya brand dari Bandung,Jawa Barat, 3Second ini," kata Emil. 

Kepada para influencer yang akan berangkat bersama 3Second dan Greenlight ke Paris, Emil mengingatkan untuk selalu menjaga kesehatan. Apalagi pandemi Covid-19 masih belum sepenuhnya berakhir. 

"Saya titip untuk jaga kesehatan. Kang Ariel, Mbak Anya di sana Covid belum surut. Jadi hati-hati ketika ngobrol dan ngopi supaya tetap waspada. Walaupun kita tahu sudah di-booster," katanya.

"Saya juga titip, bikin kagum orang Eropa tentang budaya Indonesia dan bikin konten yang bikin orang Indonesia bangga!" kata Emil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement