Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suko Waspodo

5 Tip Tetap Positif dalam Situasi Negatif

Eduaksi | Sunday, 27 Feb 2022, 22:21 WIB
image: Sensationz Media

Hidup adalah proses tertinggi, terendah dan segala sesuatu di antaranya. Di mana pun Anda berada dan siapa pun Anda, situasi negatif bisa menjadi tantangan—bahkan bagi orang yang paling optimis sekalipun. Berikut adalah lima tip yang dapat Anda gunakan untuk tetap positif dalam situasi negatif dan menemukan lapisan perak dalam setiap pengalaman.

1. Ubah Pola Pikir Anda

Meskipun mungkin tidak terasa seperti itu pada saat itu, sebagian besar situasi negatif mengandung pengalaman belajar. Jika kita mengalami ketidaknyamanan dan rasa sakit karena menghadapi situasi negatif, sebaiknya kita mengambil kesempatan untuk belajar sesuatu darinya juga.

Mengubah pola pikir Anda dan mencari pelajaran dalam situasi tersebut bukanlah tentang menyalahkan diri sendiri atau orang lain atas apa yang terjadi. Sebaliknya, tujuan dari melakukan ini adalah untuk mendapatkan sesuatu yang positif dari situasi tersebut dan, semoga, mencegahnya terjadi lagi di masa depan.

2. Dapatkan Dukungan

Anda tidak harus menghadapi situasi negatif sendirian.

Mendapatkan dukungan dari teman atau keluarga yang dapat Anda percaya tidak hanya dapat membantu Anda melewati masa sulit ini, tetapi juga dapat memperkuat hubungan Anda dengan orang-orang di sekitar Anda.

3. Fokus pada Apa yang Dapat Anda Kendalikan (dan lepaskan apa yang tidak dapat Anda kendalikan)

Kita tidak selalu bisa mengendalikan situasi yang kita hadapi, dan kita tidak bisa menyenangkan semua orang. Apa yang dapat kita lakukan ketika kita menemukan diri kita dalam situasi negatif adalah mengambil kepemilikan atas tindakan kita dan menebus kesalahan kita.

Jika Anda berada dalam situasi negatif, mencoba bertanggung jawab atas hal-hal yang tidak dapat Anda kendalikan hanya akan membuat Anda merasa lebih buruk. Ini juga merugikan diri sendiri karena, jika Anda tidak memiliki kendali atas sesuatu maka biasanya tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk mengubahnya.

Misalnya, jika Anda mengejar penerbangan ke acara penting dan penerbangan itu tertunda, tidak ada gunanya mengkhawatirkan apakah itu akan ditunda lebih lanjut atau dibatalkan, karena Anda tidak memiliki kendali atas hasil itu. Yang dapat Anda lakukan adalah memberi tahu kontak yang Anda miliki di tempat tujuan tentang situasinya atau bahkan mencoba memesan penerbangan lain untuk memastikan Anda tiba di sana sesegera mungkin.

4. Latih Belas Kasih Diri Sendiri

Setiap situasi negatif adalah kesempatan untuk melatih keterampilan yang berharga: welas asih. Jumlah self-compassion (belas kasih diri sendiri) yang kita tunjukkan pada diri kita sendiri berbanding lurus dengan kualitas hidup kita. Jika kita mampu mempraktekkan self-compassion, kita lebih mungkin untuk menjadi tangguh dalam menghadapi situasi yang menantang dan kita lebih mungkin untuk mengambil risiko yang memajukan pengembangan pribadi dan profesional kita. Kita juga cenderung mengambil langkah untuk mengubah peran apa pun yang kita mainkan dalam menciptakan situasi negatif.

Self-compassion tidak sama dengan memberi diri Anda tumpangan gratis atau tidak bertanggung jawab atas tindakan Anda. Sebaliknya, ini tentang menerima bahwa Anda adalah manusia dengan pengalaman manusia.

5. Ingat Itu Akan Berlalu

Seperti yang saya sebutkan di atas, hidup adalah proses tertinggi, terendah, dan segala sesuatu di antaranya. Sama seperti ini berarti bahwa situasi negatif adalah keniscayaan, itu juga berarti bahwa itu pasti akan berlalu dan memberi jalan untuk waktu yang lebih positif.

Tugas kita adalah mengambil apa yang kita bisa dari situasi negatif, apakah itu pelajaran yang dipelajari dengan baik, atau kepercayaan yang diperbarui pada kekuatan dan ketahanan kita, dan untuk menikmati saat-saat indah selagi masih ada.

Terakhir, ingatlah bahwa situasi negatif tidak nyaman, bahkan terkadang menyakitkan. Tetapi bagaimana kita mendekati situasi ini memiliki pengaruh besar atas bagaimana kita mengalaminya. Dengan menerapkan lima tip ini: mencari pelajaran, mendapatkan dukungan, fokus pada apa yang dapat kita kendalikan, melatih belas kasih diri, dan mengingat bahwa situasi akan berlalu, kita akan berada di tempat yang jauh lebih baik untuk menangani situasi negatif saat terjadi dan terus berjalan di sepanjang lika-liku hidup anda.

***

Solo, Minggu, 27 Februari 2022. 10:14 pm

'salam hangat penih cinta'

Suko Waspodo

suka idea

antologi puisi suko

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image