Selasa 01 Mar 2022 16:19 WIB

Banjir Melanda Beberapa Kecamatan di Pamekasan

Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan banjir di Pamekasan

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan banjir di Pamekasan. Ilustrasi.
Foto: Antara/Saiful Bahri
Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan banjir di Pamekasan. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEKASAN - Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada Senin (28/2/2022) malam menyebabkan banjir di beberapa kecamatan di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Pada Selasa (1/2/2022), banjir melanda wilayah Kecamatan Palengaan, Kecamatan Pamekasan, Kecamatan Pademawu, Kecamatan Proppo, dan sebagian wilayah Kecamatan Galis.

Di Kecamatan Palengaan, banjir menimbulkan genangan setinggi 40 sampai 70 cm di Desa Potoan Dajah, Potoan Laok, dan Rombuh. Banjir juga terjadi di Desa Palengaan Dajah. Kepala Desa Palengaan Dajah Syamsul Arifin mengatakan banjir terjadi sejak Selasa dini hari di wilayahnya.

Baca Juga

"Hingga sekitar pukul 13.30 WIB siang ini banjir masih berlangsung, bahkan hujan masih berlangsung," katanya.

Menurut Syamsul, ada tiga dusun yang paling parah terdampak banjir di wilayahnya yakni Dusun Taretah 1, Londalem, dan Lancaran. Di Palengaan, hujan menyebabkan air Sungai Samiran meluap dan membanjiri permukiman. Sementara di Kecamatan Pamekasan, banjir menggenangi perkampungan warga di Kelurahan Jungcangcang, Patemon, Parteker, Gladak Anyar, dan sebagian Kolpajung. Banjir umumnya menimbulkan genangan setinggi 50 hingga 70 cm di wilayah itu.

"Tim gabungan telah kami terjunkan ke lokasi banjir untuk mengevakuasi para korban, khususnya warga lanjut usia, anak-anak, dan ibu hamil," kata Koordinator Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan Budi Cahyono.

Hingga Selasa siang, belum ada tanda-tanda banjir akan surut. Petugas Satuan Lalu Lintas Polres Pamekasan mengarahkan kendaraan dari arah Sumenep yang hendak menuju ke Sampang dan sebaliknya untuk melalui jalur alternatif, Jalan Raya Pademawu menuju Jalan Raya Panglegur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement