Selasa 01 Mar 2022 22:36 WIB

Taklukkan Persija 2-0, Persib Naik ke Peringkat Kedua 

Persib menempel ketat Bali United yang ada di puncak klasemen.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pesepak bola Persija Jakarta Marco Simic (tengah) berusaha melewati pemain Persib Bandung Nick Kuipers (kanan) dalam pertandingan sepak bola Liga 1 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (1/3/2022).
Foto: ANTARA/Nyoman Budhiana
Pesepak bola Persija Jakarta Marco Simic (tengah) berusaha melewati pemain Persib Bandung Nick Kuipers (kanan) dalam pertandingan sepak bola Liga 1 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (1/3/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BALI -- Persib Bandung berhasil mengamankan poin penuh setelah menghadapi Persija Jakarta pada laga lanjutan pekan ke-28 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (1/3/2022) malam WIB. David Da Silva mencetak dua gol kemenangan untuk Persib Bandung. 

Persib menang 2-0 atas Persija dan berhasil meraih tiga poin untuk membawa Persib naik ke peringkat kedua klasemen sementara dengan koleksi 57 poin. Persib berhasil memperpendek jarak dengan Bali United yang duduk di puncak klasemen dengan nilai 60 poin. 

Baca Juga

Persib memberikan tekanan lebih dulu ke area pertahanan Persija. Peluang dimiliki Victor di menit kedua saat mendapat umpan lambung di area penalti Persija yang memaksa Andritany meninggalkan posisinya. Bola lebih dulu disapu keluar lapangan oleh Andritany. 

Kedua tim masih mencari ruang di sepuluh menit pertama. Belum ada ancaman berarti ke gawang dari kedua kubu. Hingga di menit ke-14, kombinasi serangan Persib berhasil menembus pertahanan Persija. Namun, tandukan David ke gawang berhasil ditepis oleh Andritany. 

Dari situasi tendangan sudut setelah itu, Persib berhasil mencuri keunggulan lebih dulu. Umpan tendangan sudut yang dieksekusi Marc Klok berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh David dengan sontekan langsung ke gawang. Persib pun unggul 1-0. 

Persija mendapat peluang di menit ke-20 saat mendapat hadiah tendangan bebas. Tapi eksekusi langsung ke gawang oleh Abi berhasil ditepis oleh Teja. Selanjutnya tandukan Simic saat menyambut umpan tendangan sudut masih belum tepat sasaran. 

Persib terus menekan pertahanan Persija, di menit ke-28 Frets berhasil menekan dari sisi kiri kotak penalti dan berhasil mengumpan ke tengah. Namun, David justru menanduk bola dengan kepala belakang membuat bola menjauh dari gawang. 

Persib hampir menambah keunggulan di menit ke-35 saat David berhasil menembus pertahanan Persija dari sisi kiri. Namun Andritany berhasil melakukan penyelamatan penting dengan meninggalkan posisinya dan menepis upaya dari David. Skor bertahan 1-0 hingga turun minum. 

Di babak kedua, Persija lebih banyak melancarkan serangan. Tapi belum ada ancaman berarti ke gawang Persib. Beberapa peluang berhasil dihentikan di area pertahanan. Kedua tim bermain dengan tensi tinggi. Banyak kartu kuning yang dikeluarkan oleh wasit di 15 menit pertama babak kedua. 

Peluang terbaik dimiliki Persija di menit ke-63 saat Abi mengeksekusi tendangan bebas dari sisi kanan serangan di sambut oleh tandukan belakang oleh Riko di depan gawang. Namun, Teja berhasil membelokkan arah bola dan membentur kaki Bruno keluar lapangan. 

Di menit ke-67 Persija kembali menerima peluang saat Makan Konate menembus pertahanan Persib dari sisi kanan serangan. Ia kemudian mengumpan ke tengah tapi Taufik gagal menyambut bola dengan baik dan tendangannya melambung tinggi di atas mistar gawang. 

Sejurus kemudian, tepatnya di menit ke-70 peluang dimiliki Persib melalui serangan yang dibangun dari bawah. Rashid berhasil mengutak-atik bola di kotak penalti Persija namun tendangannya masih membentur mistar gawang. 

Dua menit berselang Persib kembali mendapat peluang emas ketika Erwin melakukan penetrasi ke area penalti Persija dan melepaskan umpan tarik kepada Frets lalu dioper kepada Rashid dan David gagal memanfaatkan kemelut di depan gawang tersebut sebelum bola disapu oleh Andritany. 

Di menit ke-80, Makan Konate membuang peluang emas setelah kemelut tercipta di depan gawang Persib. Sejurus kemudian Frets menerima umpan di sisi kiri dan melepaskan tembakan namun berhasil ditepis oleh Andritany dan menghasilkan tendangan sudut. 

Persib akhirnya berhasil menggandakan keunggulan dari situasi tendangan sudut di menit ke-84. Andritany memilih untuk keluar meninggalkan posisinya untuk memenangkan duel udara, namun bola terlepas dari tangannya dan berhasil dimanfaatkan oleh David, merubah skor menjadi 2-0.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement